Oleh: Palimbani | 7 September 2007

Korea Selatan Ingin Bangun Galangan Kapal di Balikpapan

Duta Besar Korea Selatan Lee Sun Jin memimpin rombongan bertemu jajaran Kamar Dagang dan Industri Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (6/9). Hasilnya, kedua pihak sepakat ingin menjalin kerja sama membangun galangan kapal. Ketua Kadin Balikpapan Zulbachri mengatakan, industri itu bisa dibangun di Kawasan Industri Kariangau. Menurut dia, industri galangan sangat tepat dibangun di Kaltim karena para pengusaha batu bara memerlukannya sebagai alat angkut.

Dalam catatan Kompas, di provinsi ini ada sedikitnya 137 kuasa pertambangan yang izinnya dikeluarkan pemerintah daerah. Selain itu, ada 17 perusahaan besar yang izinnya dari pusat dengan produksi pada tahun 2005 mencapai 73 juta ton.

Kondisi itu, yang menurut Zulbachri, kurang didukung oleh ketersediaan angkutan. Para pengusaha mencari kapal ke Batam, Malaysia, bahkan ke China.

Selain itu, Lee Sun Jin pernah mengatakan, Indonesia sangat penting bagi Korsel. Sebab kebutuhan gas alam cair untuk negeri ginseng itu 30 persen, batu bara 20 persen, dan kayu 50 persen diimpor dari Indonesia.

Untuk itu, kata Zulbachri, kerja sama investasi akan dikembangkan. “Perlu terobosan riil,” katanya. Bentuk kerja sama bisa antarpengusaha dari kedua negara. Pengusaha Indonesia mempersiapkan lahan, sedangkan pengusaha Korsel membangun fasilitas.

Untuk kelanjutan kerja sama itu, yang perlu dilakukan adalah memperbaiki iklim perekonomian, masalah ketenagakerjaan, keamanan, kepastian hukum, dan perizinan. (BRO/KOMPAS)

About these ads

Responses

  1. bagus sekali ada kabar seperti ini,tapi kok nggak ada infor masi lapangan kerja untuk anak negeri


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: