Oleh: Palimbani | 10 September 2007

Tiga Pabrik Baru Tepung Terigu Siap Beroperasi

Tiga pabrik tepung terigu baru siap beroperasi di Indonesia pada tahun 2008. Dengan tambahan tiga investasi pabrik baru ini, sampai akhir 2008 produksi tepung terigu nasional diperkirakan akan meningkat menjadi 5,7 juta metrik ton dari saat ini 4,8 juta metrik ton.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo), Franciscus Welirang, mengungkapkan tingginya minat investor masuk ke industri terigu di Indonesia seiring meningkatnya permintaan komoditas tersebut di pasar dalam negeri. ”Pertumbuhan permintaan terigu di dalam negeri berkisar 3,5 hingga 5 persen per tahun,” kata pengusaha yang biasa disapa dengan panggilan Franky di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut Franky yang juga Wakil Presdir PT Indofood Sukses Makmur Tbk, pada 2007 ada tiga perusahaan yang sudah mengantongi izin untuk mendirikan pabrik dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sementara tiga perusahaan lainnya, jelas dia, baru akan merealisasikan produksinya mulai 2008.

Tiga pabrik tepung terigu baru yang sudah mulai berproduksi dalam tahun ini, lanjut Franky, berlokasi di wilayah Jawa Timur. Dua diantaranya adalah PT Fugui and Grain Flour Indonesia, yang tergabung dalam grup Wings Food, sudah mendirikan pabrik berkapasitas 400 ribu metrik ton dan PT Bungasari Flour Mills dengan kapasitas 175 ribu metrik ton per tahun

Sedangkan tiga pabrik yang akan mulai berproduksi pada tahun depan, tambah dia, berlokasi di wilayah Tangerang dan Cilegon. ”Tahun depan ada dua pabrik skala kecil dan satu skala besar,” ujarnya.

Satu pabrik tepung terigu skala besar yang akan berproduksi pada 2008, menurut Franky, adalah PT Federal Flour Mills asal Malaysia yang akan mendirikan pabrik di Cilegon, Banten dengan kapasitas 450-500 ribu metrik ton per tahun. Dua pabrik lainnya, sambung dia, akan didirikan oleh investor Turki dan Cina.

Dengan tambahan tiga pabrik baru ini, kata Franky, maka total produksi tepung terigu nasional tahun depan 5,7 juta metrik ton. Saat ini kapasitas produksi seluruh tepung terigu di dalam negeri mencapai 4,8 juta metrik ton per tahun, sementara kebutuhan rata-rata tepung terigu nasional 3,8 juta metrik ton per tahun. Dari total kebutuhan 3,8 juta metrik ton ini, sekitar 3,3 juta metrik ton dipasok oleh industri di dalam negeri dan sekitar 500 ribu metrik ton dipenuhi oleh tepung terigu impor.
(dia )

About these ads

Responses

  1. can i job in your pt

  2. ok.semoga harga tepung bisa bersaing.dan konsumen diberi banyak pilihan harga dan kualitas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: