Oleh: blogs | 22 September 2007

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Minimasi Pemisah Air Limbah (MPAL) PT PUSRI

Pengolahan air limbah di pabrik PT Pusri Palembang kini kian disempurnakan dengan telah dioperasikannya pemakaian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Minimasi Pemisah Air Limbah (MPAL) yang memanfaatkan media tanaman Eceng Gondok. Sebelumnya Pusri telah memiliki sistem IPAL yang menggunakan bantuan mikrobiologi, namun seiring dengan perkembangan teknologi maka dipandang perlu untuk di sempurnakan lagi.

“Sistem pengolahan air limbah yang baru pertama di Indonesia ini, diyakini dapat membantu meredam dan menurunkan beban limbah cair; seperti kandungan amoniak (NH3), Total Keydal Number (TKN), Chemical Oxygen Demand (COD), Total Suspend Solid (TSS) serta minyak”, kata Dr. Imam Prasetyo. Lebih lanjut kata Ketua perancang penyempurnaan IPAL dan MPAL ini dipilihnya tanaman enceng gondok sebagai media untuk membantu mengatasi air limbah dikarenakan tanaman itu memiliki kekuatan terhadap lingkungan yang keras asam maupun basa, ujar dosen fakultas Teknik Kimia Universitas Gajah Mada ini.

Ditempat yang sama General Manajer Produksi Ir. Sudadi Kartosomo dalam laporannya mengatakan dari hasil uji coba awal menunjukkan adanya penurunan beban limbah cair dibanding dari sebelum dioperasikannya proyek ini. Hasil ini sangat menggembirakan terlihat pada setiap parameter limbah cair seperti, kandungan Amoniak, TKN (total keydal number), COD (Chemical Oxygen Demand), TSS (total suspended solid), Minyak dan pH mengalami penurunan yang signifikan.

Biaya proyek IPAL dan MPAL ini hanya menelan biaya sebesar Rp 10.392.503.542,- dari anggaran yang disiapkan sebanyak Rp. 16.500.000.000,- lebih jauh Sudadi merincikan

Menurut Direktur Produksi PT PUSRI Ir. Indrajaya, tujuan proyek ini adalah mengembangkan metode penanggulangan limbah cair dengan melakukan penyempurnaan instalasi pengolahan air limbah yang ada di PT Pupuk Sriwidjaja. Hasil yang diharapkan adalah kualitas limbah cair yang keluar dari system IPAL ini akan memenuhi Baku Mutu Limbah cair yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan SK Menteri Lingkungan Hidup No. 122 Tahun 2004 dan SK. Gubernur No. 18 tahun 2005.

Lebih lanjut Indra menjelaskan Proyek IPAL dan MPAL ini terdiri dari beberapa unit proses antara lain:
1. Kolam Emergency
2. Kolam Ekualisasi
3. Kolam / Tangki Net ralisasi
4. Scrubber
5. Kolam Wetland
6. Kolam Mikrobiologis
7. Bak Penampung di masing-masing pabrik atau MPAL
8. Serta unit-unit pendukungnya.

“Kita juga mendukung sepenuhnya PT Pusri membangun penyempurnaan IPAL dan MPAL ini. Karena dari upaya itu diharapkan dapat menghindari masalah pencemaran lingkungan khususnya Sungai Musi yang menjadi ternpat pengeluaran limbah. Jika pencemaran terus terjadi di Sungai Musi tentu yang merasakan dampak negatifnya adalah warga Kota Palembang. Selain itu akan menimbulkan penyakit dan merusak ekosistem sungai itu sendiri” kata Walikota palembang Eddy Santana ketika meresmikan pemakaian IPAL dan MPAL.

Demildan halnya Dirut PT Pusri berharap agar prestasi di bidang pegelolaan lingkungan dapat meningkat, dimana pada tahun 2006 memperoleh Predikat BIRU dan tahun berikutny naik ke prediat HIJAU yag seterusnya ke predikat EMAS, harap Dadang menjawab pertanyaan warawan. Keberhasilan ini sangat menggembirakan sebagai perwujudan tanggung jwab kita untuk menuju Produksi bersih ramah lingkungan. Lestari pabrikku lestari alamku. [infopusri]

Diagram alur pengolahan limbah PT PUSRI

About these ads

Responses

  1. [...] - baca juga - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Minimasi Pemisah Air Limbah (MPAL) PT PUSRI  [...]

  2. [...] Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Minimasi Pemisah Air Limbah (MPAL). [ baca juga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Minimasi Pemisah Air Limbah (MPAL) PT PUSRI [...]

  3. [...] limbah cair, unit pengolah limbah minyak, pengolah limbah gas, dan polusi suara. [ baca juga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Minimasi Pemisah Air Limbah (MPAL) PT PUSRI [...]

  4. no coment

  5. nice blog!

    relationship among huiman-ecology

  6. I don’t know

  7. Good Job
    coZ_ jadi gak MAHAL

  8. Kami perusahaan yang bergerak dibidang sistem pengolahan air limbah PT Biotirta Kencana Lestari jakarta, Pengolahan air limbah domestik yang kami kelola antara di mal, rumah sakit, apartemen dan gedung-gedung komersial lainnya.
    Untuk info lanjut hubungi:

    Binoto
    021 – 93 17 33 31

  9. Hehehehe waah kebetulan nih saya lagi nyari2 diagram alir pengolahan limbah buat tugas kuliah…

    Makasih yaah…kalo ada lagi yang lain jangan ragu untuk berbagi…hihihihi

  10. kami menyediakan chemicals untuk waste & water treatment yang terbukti mampu menekan biaya pengolahan air limbah hingga rata-rata 30%..tidak perlu inventory besar, cukup gunakan 1-2 item saja..qualitas out-let lebih baik

    • boleh tau desaignnya pak dan biaya pembuatan ipal….. mohon dbalas k email saya pak….

  11. untuk informasi, hubungi kami di 022 7502678 atau 0811204953

  12. AWW readers,,,,
    mohon informasi dari rekan2, tentang reagen yang dipakai untuk waste water treatment dari Aqualitic seperti NO2,NO3,PO4,dll.
    bisa cari dimana ya?
    thanks,

  13. aku agent tunggal lho… untuk oil skimmer abanaki dan sudah terpasang tuh…. di pt pusri.
    kapasitasnya bervariasi tergantung dari kebutuhan, hub aja ya klau ada kebutuhan, kabari sama rekan2 yang lain, tararengku….

  14. tlng dikirimkan pengolahan air limbah dengan bgan alir gmabr alat sepeti sedimention apparatus…

  15. tlng dikirimkan sy sistem pengolahan n flowchat serta gambar alat yng mendukung sistem ini…
    klu ada seperti sedimention apparatus

  16. instalasinya sih canggih dan mahal, operasinya gimana pak ? ha..ha..ha….

  17. pak, kami mau bikin ipal baru di rs kami,bisa bapak bantu? bagaimana caranya pak?

    • Assalmkm uni,pa kabar?untuk IPAL ambo bisa bantu hubungi di 085283878190.by Mulyardi

  18. pak, kami mau bikin ipal baru di puskesmas kami,bisa bapak bantu? bagaimana caranya pak?

  19. mhon komfirmaSI SCEPATNYA YA PAK…..KAMI MAU HUB BPK TP TDK TERSEDIA LAYANAN KONTAK YG BISA KMI HUB…………

  20. maju terus pusri.
    berikan contoh ke perusahaan lainnya.

  21. Artikelnya bagus….tapi saya agak bingung dan baru dengar istilah MPAL bisa dijelaskan pak, terima kasih sebelumnya

  22. [...] capacity) seperti porus dan rasio luas per volumenya tinggi. Selain bioproses anaerobik tersebut, Zontech pun menerapkan bioproses aerob yang memerlukan aerator dan unit operasi fisika seperti [...]

  23. [...] capacity) seperti porus dan rasio luas per volumenya tinggi. Selain bioproses anaerobik tersebut, Zontech pun menerapkan bioproses aerob yang memerlukan aerator dan unit operasi fisika seperti [...]

  24. butuh unit instalasi WTP ( Water treatment plant (unit pengolahan air bersih)) dan WWTP ( waste water treatment plant(unit pengolahan air limbah)
    silakan cek dan hubungi di website ini:

    http://www.amritawater.web.id/

  25. Thank you for your fantastic post! It has long been extremely valuable.

    I hope which you will proceed sharing your wisdom with us.

  26. […] capacity) seperti porus dan rasio luas per volumenya tinggi. Selain bioproses anaerobik tersebut,Zontech pun menerapkan bioproses aerob yang memerlukan aerator dan unit operasi fisika seperti […]

  27. Permisi numpang promo yah.

    Kami merupakan produsen dari produk septic tank bersystem biotechnology Aerob dan Anaerob ingin memperkenalkan produk kami yaitu Septic Tank Fiberglas GIF yang merupakan media untuk IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dari air limbah domestik perumahan/tinja menjadi layak buang ke aliran air seperti kali, got, selokan, dll yang sesuai dengan standard baku mutu dari BPLHD.

    Septic Tank Fiberglass GIF yang kami buat sangat bermanfaat dan sangat ramah lingkungan karena hasil keluaran dari Produk Septic Tank Fiber GIF kami yang mampu mengolah air limbah menjadi air yang layak buang.

    Apa bedanya septic tank Fiber GIF kami dengan septic tank biasa/konvensional ? Apakah sama saja ? tentu saja tidak, karena produk kami mempunyai system pengolahan secara biotechnology melalui beberapa tahapan sehingga hasil keluaran air nya pun berbeda dengan septic tank konvensional/biasa.

    Contact Us
    Nama : Irwan S
    Telp : 0878 8431 4003
    Email : gif.service@yahoo.com
    Website : gunaintifiberglass.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: