Oleh: blogs | 1 September 2007

Perkembangan PT Pusri

PT. Pupuk Sriwidjaja (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan pemegang saham tunggal adalah Pemerintah Republik Indonesia. PT Pusri didirikan pada tanggal 24 Desember 1959 di Palembang, dengan kegiatan usaha memproduksi pupuk urea.

Pada tahun 1963 beroperasi pabrik pupuk urea pertama yaitu : ”PUSRI I” dengan kapasitas terpasang sebesar 100.000 ton urea per tahun.

Tahun 1974 dibangun pabrik pupuk Urea kedua yaitu “PUSRI II“ dengan kapasitas terpasang sebesar 380.000 ton urea per tahun, dan sejak tahun 1992 kapasitasnya ditingkatkan/optimasi menjadi 570.000 ton urea per tahun.

Tahun 1976 dibangun pabrik pupuk Urea ketiga, yaitu “PUSRI III” dengan kapasitas terpasang sebesar 570.000 ton urea per tahun.

Tahun 1977 dibangun pabrik pupuk Urea keempat, yaitu “PUSRI IV” dengan kapasitas terpasang sebesar 570.000 ton urea per tahun.

Tahun 1990 dibangun pabrik pupuk Urea, yaitu “PUSRI I B” dengan kapasitas terpasang sebesar 570.000 ton urea per tahun, sebagai pengganti pabrik PUSRI I yang dihentikan operasinya karena usia teknis dan sudah tidak efisien lagi.

Pabrik PUSRI IB mulai berproduksi pada tahun 1994, merupakan pabrik pertama yang dikerjakan sebagian besar oleh ahli-ahli bangsa Indonesia, yang dibangun dengan konsep hemat energi dan menggunakan sistem kendali komputer “Distributed Control System

Pada tahun 1979, pemerintah menetapkan PT.Pusri sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengadaan dan penyaluran seluruh jenis pupuk bersubsidi, baik yang berskala dari produksi dalam negeri maupun import untuk memenuhi kebutuhan program intensivikasi pertanian (Bimas dan Inmas).

Tahun 1997 dibentuk Holding BUMN Pupuk di Indonesia dan PT. Pusri ditunjuk oleh pemerintah sebagai induk perusahaan.

Tanggal 1 Desember 1998, pemerintah menghapus subsidi dan tata niaga seluruh jenis pupuk, baik pupuk yang diproduksi dalam negeri maupun pupuk import.[pusri blog]


Responses

  1. NO COMENT


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: