Oleh: Palimbani | 6 September 2007

Aceh Segera Bangun Pabrik Papan Serat

Pabrik pengolahan papan serat sebagai bahan baku furniture atau Medium Density Fiberboard (MDF) akan segera dibangun di Aceh. Pabrik dengan kapasitas produksi 1.000 M3/hari direncanakan akan dibangun di Kabupaten Aceh Timur.
Komitmen pembangunan pabrik dengan nilai investasi sebesar Rp 817 miliar itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Direktur Utama PT Canang Indah, Jandri Citra di ruang rapat Gubernur, Rabu (5/9). Pembangunan pabrik tersebut akan dilaksanakan secara bersamaan dengan pembukaan lahan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Turut hadir pimpinan Investor Outreach Office (IOO), Syafruddin Chan selaku fasilitator pertemuan itu, perwakilan Asian Development Bank (ABD) dan IFC, serta Wakil Bupati Aceh Timur Nasruddin Abubakar.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan baku, perusahaan itu akan membuka seluas 40.000 hektare untuk ditanami tanaman akasia dan pohon karet, dengan kapasitas tanam 450 batang per hektare-nya. Kedua rencana tersebut dijadwalkan akan bisa mulai dimulai pada pertengahan tahun 2008 mendatang. Pembukaan lahan itu akan mengambil lokasi di tiga kecamatan di Aceh Timur yang meliputi Kecamatan Peureulak, Idi, dan Simpang Ulim.

Seperti diketahui PT Canang Indah adalah perusahaan berbasis di Singapura yang memiliki fasilitas produksi di Belawan, Sumatera Utara. Selain itu, perusahaan ini juga telah melakukan ekspansi kapasitas produksinya melalui investasi di hutan perkebunan dan pabrik MDF baru.(jal/serambinews)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: