Oleh: blogs | 7 September 2007

BI Perlu Rangkul BUMN

Ketua Hubungan Luar Negeri Corporate Forum for Community Development (CFCD) Soeharman Noerman menilai, ke depan, peran Bank Indonesia dalam merangkul semua BUMN yang ada di Tanah Air cukup diperlukan untuk membantu penguatan kalangan usaha kecil menengah (UKM), terutama dalam sisi permodalan.

Dia menyatakan, hingga kini, persoalan UKM belum secara maksimal mendapat perhatian dari kalangan industri perbankan. Dengan adanya peran serta BI untuk merangkul BUMN tersebut, setidaknya dapat membantu dalam sisi permodalan, terutama usaha kecil yang dikelola masyarakat di pedesaan.

”Sebenarnya, ketidakmampuan UKM untuk meminjam dana ke perbankan inilah membuat UKM tidak berjalan secara merata,”ungkapnya dalam konferensi pers acara ”Corporate Social Responsibility Indonesia 2007: Expo, Seminar, dan Talkshow”,kemarin.

Salah satunya, kata dia, untuk menyelesaikan persoalan UKM tersebut setidaknya BI dapat merangkul BUMN dalam sisi pendanaan. Dana yang telah dihimpun sejumlah BUMN dapat dipinjamkan ke UKM tanpa agunan. Hal ini, lanjut Soeharman, bisa dilakukan seluruh BUMN. Sebab,di setiap BUMN tersebut ada penyertaan dana hasil laba bersih sekitar 1%–2% untuk dana program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

Diharapkan dengan adanya peran serta tersebut, ungkap dia, setidaknya persoalan UKM dapat sedikit demi sedikit teratasi. Manager Community Development PT HM Sampoerna Fajar Kurniawan menambahkan, dengan adanya kegiatan CFCD, salah satunya untuk menyebarluaskan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) per-usahaan yang ada di Tanah Air dalam upaya mendukung kegiatan perekonomian nasional. (irwan wahyudi/SINDO)


Responses

  1. corporate forum for community development tu ada ga ya di surabaya? ada emailnya ga?
    kebetulan aku tertarik sama tema CSR ini..
    ada info tentang CSR dari perusahaan-perusahaan swasta lain ga?
    trima ksh..

  2. jangan berikan bantuan rakyat lewat uang karena itu membuat mereka bermalas-malasan.tapi berilah bantuan lewat kesempatan/lowongan kerja.jadikan mereka manusia yang kreatif dlm menyonsong perdaganga bebas.

  3. get focus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: