Oleh: blogs | 14 September 2007

LPNU SUMSEL Dirikan Distributor Pupuk Pusri

PANGKALAN BALAI (SINDO) – Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Sumsel HA Rachman Hasan mengatakan, pihaknya akan mendirikan koperasi untuk mempermudah pendistribusian pupuk kepada para petani.

Menurut Rachman yang juga Wabup Banyuasin ini, selain untuk memperlancar pendistribusian pupuk pada saat musim tanam tiba, keberadaan koperasi untuk menghindari pupuk jatuh ke tangan rentenir yang banyak merugikan petani. ”Kita dirikan koperasi ini untuk mempermudah mereka mendapatkan pupuk, dan yang lebih penting adalah supaya mereka tidak terjatuh pada cengkeraman rentenir. Selain itu, kita juga membantu mereka untuk memasarkan gabah hasil panen para petani,” tandasnya. Rachman menjelaskan, mayoritas penduduk di daerah Banyuasin adalah petani, maka prospek koperasi yang baru berdiri beberapa bulan itu sangatlah baik.

Dia menuturkan, meski profit oriented, tapi visi sosial dari koperasi menjadi pijakan utama. ”Profit oriented itu memang ada, kita kan usaha.Tetapi kita lebih menekankan untuk membantu pemerintah di sektor ekonomi dalam menyejahterakan rakyat,” jelasnya. Anggota Komisi III DPRD Banyuasin Roilan menyambut baik rencana LPNU menjadi distributor pupuk. Dia menegaskan, selama ini masyarakat tertekan akibat tingginya harga, baik pupuk maupun bibit yang dikuasai rentenir. ”Saya sebagai anak petani sangat merasakan bagaimana tingginya harga pupuk. Namun, pada masa jual, justru padi dan gabah dihargai rendah. Sangat miris kalau kita melihat kondisi masyarakat yang mayoritas adalah petani,” ungkapnya. (jemi astuti)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: