Oleh: blogs | 18 September 2007

Hadiah Menurut Pandangan PUSRI

PT. PUSRI mendefinisikan hadiah sebagai segala macam bentuk penerimaan oleh pejabat atau karyawan PT. PUSRI dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dengan maksud mempengaruhi keputusan pejabat perusahaan agar menguntungkan kepentingan si pemberi hadiah. Pemberian atau penerimaan yang dimaksud secara hukum dan etika bisnis tidak dibenarkan.

PT. PUSRI tidak pula menawarkan atau memberikan hadiah dan sejenisnya kepada pejabat pemerintah dengan maksud untuk mendapat perlakuan isitimewa berkaitan dengan kontrak dengan pemerintah atau hubungan apapun yang menyebabkan pejabat pemerintah tersebut secara tidak sah akan bersikap memihak kepada kepentingan PT. PUSRI.

PT. PUSRI melarang pemberian atau penerimaan setiap bentuk hadiah atau kenikmatan atau manfaat (termasuk jamuan makan, tiket atau undangan pertunjukan atau kegiatan lain), pemberian diskon, pinjaman, penyediaan fasilitas akomodasi, transportasi, atau hal-hal sejenisnya yang terkait dengan bisnis perusahaan.

Praktik yang dijalankan perusahaan adalah mencegah penawaran atau pemberian hadiah atau sejenisnya yang bernilai kepada pejabat pemerintah jika hal tersebut melanggar praktik dan peraturan yang berlaku. Dengan kata lain, PT. PUSRI tidak boleh menawarkan atau memberikan hal-hal yang tidak boleh diterima oleh pejabat pemerintah.

Komisaris, Direksi, dan karyawan PT. PUSRI tidak boleh meminta dan menerima hadiah dan sejenisnya dari setiap pihak yang berkepentingan, bagi dirinya sendiri, keluarga atau rekan di mana hal tersebut dapat mempengaruhi atau secara wajar dapat diinterprestasikan oleh pihak lain sebagai hal yang mempengaruhi objektivitasnya mewakili kepentingan PT. PUSRI.

Terdapat beberapa pengecualian terhadap aturan umum di atas berkenaan dengan penerimaan hadiah, jamuan makan dan sejenisnya. Apabila misalnya hadiah tersebut nyata-nyata berkaitan dengan suatu promosi yang tidak berkaitan dengan transaksi bisnis perusahaan dan/atau dengan nilai intrinsik dalam batas kewajaran dan kepatutan. Hal yang demikian juga berlaku bagi hadiah dari sanak saudara, handai taulan para pejabat dan karyawan, yang diberikan atau diterima dengan maksud-maksud yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan kepentingan PT. PUSRI.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: