Oleh: blogs | 18 September 2007

Kajian Relokasi Pabrik PT PUSRI

Direktur Keuangan PT Pusri, Wiyas Y Hasbu menyatakan pihaknya tengah mengkaji kemungkinan dipindahkannya lokasi pabrik PT Pusri. Salah satu lokasi yang diusulkan adalah Tanjung Api-api.

“Lokasi pabrik yang ada sekarang sudah dipikirkan untuk pindah ke tempat lain dengan catatan lokasinya memungkinkan secara ekonomis,” jelas Wiyas seusai rapat dengan komisi II DPRD Sumsel yang membahas anggaran belanja tambahan tahun 2007 di Palembang, Senin (17/9).

Sementara mengenai adanya rencana pabrik pupuk itu dipindahkan ke kawasan Pelabuhan Tanjung  Api-Api, ia menyatakan, kalau sekarang masih dilakukan studi dan itu merupakan program pemerintah daerah juga. “Nanti dilihat apakah Pabrik akan di sana tergantung  dengan hasil studi kita,” tambahnya.

Sementara itu, pasokan  gas untuk PT. Pupuk Sriwijaya (Pusri) aman sampai lima tahun ke depan, baik dari Pertamina maupun melalui PT Medco sesuai perjanjian jual beli gas dengan kedua perusahaan tersebut. “Pasokan gas untuk perusahaan pupuk ini sampai lima tahun ke depan terpenuhi,” katanya.

Menurut Wiyas Y Hasbu, pasokan gas untuk PT Pusri dari Pertamina 180 juta kaki kubik/hari (MMSCFD), sedangkan sisanya 45 MMSCFD lagi dari PT. Medco, sehingga keseluruhannya 225 MMSCFD. Pasokan gas sebesar 225 MMSCFD itu selama lima tahun ke depan dan untuk empat pabrik yang ada di PT. Pusri, katanya. Sehubungan dengan harga gas yang terus naik setiap tahunnya maka pihaknya juga sedang melakukan studi secara terus menerus untuk kemungkinan pindah ke alternatif lain yakni batu bara. “Hal itu dilakukan apabila terjadi keterbatasan pasokan
gas dan harganya secara ekonomis sudah tidak memungkinkan lagi, maka kita sudah siap  dengan alternatif lain batu bara, tetapi persoalannya sekarang lingkungan pabrik
perlu diperhatikan juga,” ujarnya. (Ant)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: