Oleh: Palimbani | 22 September 2007

Pemprov Sumsel Tak Tertarik Saham Semen Baturaja

Gubernur Sumsel Syahrial Oesman menegaskan tidak tertarik untuk menempatkan saham Pemprov Sumsel di PT Semen Baturaja (SB), meski termasuk salah satu perusahaan yang akan diprivatisasi dari kementrian BUMN.Dia menyebutkan, penyertaan saham Pemprov difokuskan pada perusahaan yang benar- benar sehat. “Penyertaan saham di perusahaan sehat tentu sangat menguntungkan pemerintah provinsi, sehingga berdampak juga pada pembangunan daerah,” paparnya. Dia menyebutkan, untuk SB masih membutuhkan waktu melakukan pembenahan yang menyeluruh, meski nantinya go public.

Selain pembenahan internal perusahaan, dia menilai, suku cadang material semen sudah tidak seimbang lagi dengan kondisi pabrik. Dia menambahkan, kondisi tersebut membuat peluang ke depan diperkirakan tidak menarik lagi. Dia menegaskan, penyertaan saham daerah masih difokuskan pada perusahaan tambang PT Bukit Asam (PTBA).

“Karena saat ini sudah terlihat hasilnya, per September 2007 saham Pemprov sudah mencapai Rp130 miliar. Kondisi demikian cukup menggembirakan karena PTBA diminati di bursa efek,” jelasnya. Sebelumnya, Direktur PTBA Tbk Mahbub Iskandar menyebutkan, saham Pemprov di perusahaan tambang batubara yang berlokasi di Tanjung Enim,Kab Muara Enim,hingga September sudah mencapai Rp130 miliar.

Dia menjelaskan,tahun ini mengalami peningkatan secara signifikan dengan menembus harga Rp6.000 per lembar dibandingkan saat go public yang hanya Rp520 per lembar. ”Kalau saham tersebut dapat dicairkan, maka banyak proyek pembangunan yang bisa diselesaikan. Ini diharapkan dapat dicontoh oleh perusahaan BUMN lain yang beroperasi di Sumsel,” jelasnya. (koran sindo)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: