Oleh: blogs | 22 September 2007

PUSRI Terima Zero Accident Award

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menerima penghargaan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari pemerintah provinsi Sumatera Selatan yang diberikan langsung oleh Gubernur Propinsi Sumsel Ir. Syahrial Oesman, MM dan diterima oleh Direktur Produksi PT Pusri Ir. Indra Jaya pada saat Upacara Bulan K3 Sumsel dipusatkan di lapangan sepak bola Pertamina Plaju.

Berdasarkan data dari Jamsostek secara nasional pengawasan K3 masih belum berjalan maksimal. Terlihat dari data jumlah kecelakaan di tahun 2003 terjadi 105.846 kasus, pada tahun 2004 tercatat 95.418 kasus, di tahun 2005 sebanyak 96.081 kasus dan untuk 2006 terjadi sebanyak 70.069 kasus kecelakaan kerja.

“Dan data tersebut menunjukkan bahwa kasus kecelakaan kerja masih tinggi, untuk itu kita harus berusaha untuk memperkecil jumlah kasus ini. Perlu diadakan sosialisasi, kampanye atau bentuk lainnya agar dapat menggerakkan masyarakat dan tenaga kerja peduli K3”, tegas Syahrial. Lebih jauh dijelaskan jika suatu perusahaan tidak menerapkan, keselamatan dan kesehatan kerja, pemerintah daerah akan memberikan tindakan. Tindakan sanksi ini akan diberikan sesuai dengan klasihkasi, yang sebelumnya terlebih dahulu diberikan peringat tertulis, tandas Syahrial.

Setiap perusahaan diwajibkan untuk membentuk lembaga P2K3 teruama perusahaan besar dan ahli K3 bagi perusahan kecil. Dalam pelaksanaannya dipadukan dengan sistem manajemen K3 di masing-masing perusahaan. Jika ada perusahaan yang melanggar kata Kepala Dinas Tenaga kerja Sumsel H Djufri Mat Akin, berarti melanggar UU No. 1/1970 tentang K3. Perusahaan yang belum menerapkan K3 akan menerima sanksi kurungan minimal 1 tahun kurungan dan maksimal 3 tahun penjara.

Perusahaan besar yang menerima penghargaan zero accident bersamaan PT Pusri diantaranya, PT Pertamina UP III, Tanjung Enim, PT Indofood, PT Telkorn, PT PLN, dan RS MH Palembang. Selain Penghargaan Zero Accident PT. Pusri juga mendapat 3 penghargaan lainnya yakni Penghargaan P2K3 atas prestasi pimpinan perusahaan dan pemerintah dalam memasyarakatkan K3 di perusahaan. Penghargaaan atas prestasi perusahaan peduli memasyarakatkan program K3 di prov Sumsel, dan Penghargaan prestasi peduli memasyarakatkan program K3 di perusahaan atas nama Asisten Manajer K3 Ir Troy Mega Putra serta Penghargaan perusahaan yang telah 10 juta jam terus menerus tidak pernah mengalami kecelakaan kerja.

“Penghargaan prestasi tidak terjadi kecelakaan kerja yang diterima Pusri ini berkat kerja keras dan disiplin serta kesungguhan semua pihak baik manajemen maupun karyawannya sendiri”, demikian India Jaya mengatakan seusai acara. [infopusri]


Responses

  1. salut buat PT.PUSRI
    saya mahasiswa DIV kesehatan kerja UNS yang materi kuliah saya sangat erat hubungannya dengan K3. Bila diijinkan apakah mungkin saya dapat mengikuti magang di PT.PUSRI??. Saya ingin mengetahui bagaimana sistem manajemen K3 di PT.PUSRI. makasih

  2. saya salut pada manajemen PT. Pusri yang sangat memperhatihan keselamatan dan kesehatan kerja karyawannya. komitmen menajemen dalam menegakkan K3 sangat besar sehingga PT. pusri dapat meraih penghargaan zero accident. K3 tidak dapat dilaksanakan secara maksimal tanpa komitmen yang kuat dari menajemen perusahaan.
    saya adalah staff K3 di PT. PJB UBP Talang Duku, kalau ada lowongan kerja di PT. Pusri di bidang K3 atau HSE saya bersedia pindah ke PT. Pusri. Saya telah mempunyai sertifikan ahli K3 Umum dari DEPNAKERTRANS RI.
    Ma kasih

  3. sy mhsswa DIV tek kslmtn&kshtn krja PPNS-ITS.
    Salut bwt PT.PUSRI..
    Safety first.
    Safety adlh investasi.
    ttp komitmen dg k3 di sana.
    saya berharap nanti bisa belajar safety disana


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: