Oleh: Palimbani | 27 September 2007

Pabrik Karet PTPN VII Masih Lumpuh

Pabrik karet milik PT Perkebunan Nusantara VII di Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara, hingga kini masih lumpuh. Produksi pabrik pengolah karet mentah ini terhenti, menyusul rusaknya mesin pabrik akibat gempa 7,9 skala Richter yang mengguncang Provinsi Bengkulu dua pekan lalu.

“PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Unit Usaha Ketahun, Bengkulu, ikut terkena dampak paling parah akibat gempa. Selain kerugian yang dialami langsung oleh para pekerja, sebanyak 184 unit bangunan milik PTPN VII yang terdiri dari instalasi pabrik, perkantoran, dan rumah karyawan rusak karena gempa,” kata Direktur Utama PTPN VII Andi Punoko, seusai menyerahkan bantuan senilai Rp 1,1 miliar untuk para korban gempa bumi di Provinsi Bengkulu, Rabu (26/9).

PTPN VII yang berkantor pusat di Bandar Lampung ini memiliki unit usaha di tiga provinsi, yakni Provinsi Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Khusus yang terkena dampak gempa adalah aset-aset PTPN VII Unit Usaha Ketahun, Bengkulu Utara, yang lokasinya dekat pusat gempa di kawasan Lais.

Estimasi kerugian PTPN VII akibat gempa tersebut, kata Andi Punoko, ditaksir mencapai sekitar Rp 5,5 miliar. Kerugian itu antara lain kehilangan produksi, karena sekitar 23,9 ton karet cair tidak bisa diambil, dan kerugian di bidang pengolahan akibat terjadinya penurunan kualitas produksi, serta kerusakan parah mesin pabrik.

“Pabrik karet yang berada di Unit Usaha Ketahun hingga kini masih lumpuh karena mesin pabrik rusak parah. Produksi pabrik yang berkapasitas 10 ton sheet karet per hari terhenti sejak pascagempa sampai sekarang,” ujar Andi Punoko. (kompas)


Responses

  1. bagaimana karakteristik air buangan dari pabrik karet milik PTPN VII ini?

  2. teman-teman kami telah menyiapkan UPS dan teknologi baru listrik terutama untuk di daerah dan kami siap untuk bekerja sama dengan anda.

    semoga sukses untuk anda dan kita wujudkan kemandirian tanpa ketergantungan denga barat.

  3. saya cari karet apakah anda bısa bantu saya ?
    btw saya orang turki tinggal di turkı jg.tapı saya bısa bahsa ındonesıa..makasıh

  4. endonezya_123@hotmail.com
    ini email saya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: