Oleh: Palimbani | 29 September 2007

Istana Pagaruyung, Batusangkar

Istana Pagaruyung dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan yang pada abad ke-14 merupakan diungsikan dari sungai Batanghari. Di beberapa tempat di daerah ini terdapat prasasti kuno seperti batu batikan Lima Kaum. Pada batu ini terdapat lobang bekas kena tikam sebagai tanda ikrar dua orang pemimpin adat dan suku yang akan saling menghomati adat dan suku masing-masing dan hidup berdampingan secara rukun.

Istana Pagaruyung, tempat Pangeran Adityawarman pernah bertahta, berbentuk Rumah Gadang dengan arsitektur tradisional Minangkabau. Istana ini merupakan replika dari istana aslinya yang musnah terbakar. Pembangunannya dilakukan pada 1976 di atas sebidang tanah yang diwakafkan oleh keturunan keluarga kerajaan Pagaruyung.
Pada dinding luarnya dipenuhi ukiran kayu khas Ranah Minang dan atapnya menjulang berbentuk tanduk kerbau. Dinding bagian samping dan belakang terbuat dari kulit ruyung atau buluh betung.
Kehadiran istana ini merupakan wujud dari keinginan masyarakat Minangkabau bahwa di daerah mereka pernah berdiri sebuah kerajaan. Letaknya hanya 5 km dari pusat kota Batusangkar dan 50 km dari Bukittinggi. Lokasinya mudah dicapai dari kota-kota di Sumatera Barat.

Pada hari Selasa (27/2) malam, sekitar jam 19.10 WIB, Istana Pagaruyung terbakar akibat bagian atas atap (puncak gonjong) disambar petir. Bagian atap bangunan itu terbuat dari ijuk, dan semua bangunan berbentuk rumah adat Minangkabau itu, terbuat dari bahan kayu. Kondisi bangunan seperti itu, sangat mudah terbakar.

[Foto dokumentasi tanahdatar, cimbuak,]


Responses

  1. yg lbh lengkap lagi donk

  2. Istana Pagaruyung dibangun oleh Pemerintah.
    Keluarga Kerajaan mana yang membangun??????
    nggak ada seperak pun ikut lho?
    Uangnya sumbangan masyarakat..alaa?

  3. Artikel yang bermanfaat, semoga penulis bisa memberikan info tentang peninggalan sejarah lainnya di dalam istana pagar uyung..salam sukses..

  4. kalau bisa peninggalan sejarah itu dirawat jangan dibiarkan tidak terawat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: