Oleh: Palimbani | 30 September 2007

Menneg BUMN: Tonasa V Akan Dibangun 2008

Pembangunan pabrik unit V PT Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, akan dimulai tahun 2008 untuk meningkatkan kapasitas produksi mengantisipasi permintaan pasar terhadap semen yang terus meningkat.

Menteri Negara BUMN, Sofyan A Djalil mengemukakan hal itu kepada pers usai melakukan pertemuan tertutup dengan jajaran Direksi PT. Semen Tonasa di kantor pusat perusahaan itu di Pangkep, sekitar 70 km Utara Kota Makassar, Sabtu (29/9).

Menteri yang didampingi Dirut PT Semen Tonasa, H Sattar Taba dan Sekretaris Meneg BUMN, Said Didu, tidak berbicara banyak mengenai rencana perluasan pabrik semen itu kecuali menyebutkan bahwa pabrik unit V ini akan berkapasitas 2,5 juta ton pertahun dan menelan dana investasi sekitar Rp3,1 triliun.

Keterangan lain yang dihimpun ANTARA News menyebutkan bahwa biaya investasi ini akan didukung dengan kredit sindikasi Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Exim dan Bank Mega sekitar Rp2 triliun.

Untuk mendukung pabrik baru tersebut, perusahaan ini juga akan membangun pusat listrik (power plant) berkapasitas 60 MW dengan nilai investasi Rp400 miliar. Kedua proyek itu diperkirakan menjalani masa konstruksi selama dua tahun.

PT. Semen Tonasa saat ini memiliki empat unit pabrik dengan kapasitas 3,2 juta ton pertahun dan suplai listrik sebesar 90 MW, sebanyak 40 MW di antaranya bersumber dari PT. PLN.

Usai melakukan pertemuan tertutup, Meneg BUMN Sofyan Djalil meninjau lokasi pembangunan pabrik semen unit V dan pusat listrik tersebut lalu berbuka puasa bersama di kantor pusat PT Semen Tonasa di Pangkep.

Buka puasa ini dihadiri antara lain Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Arief Budi Sampurno, Sekdaprov Sulsel HA Mualim, Bupati Pangkep HA Najamuddin dan Dirut PT PN XIV Hendra Iskak.

Sebelum ke Pangkep, Sofyan Djalil yang tiba di Bandara Hasanuddin Makassar sekitar pukul 12.00 Wita, meninjau pekerjaan perluasan Bandara Hasanuddin yang telah berjalan setahun lebih dan dijadwalkan selesai akhir tahun 2007 ini.

Proyek yang didanai PT Angkasa Pura I senilai sekitar Rp1 triliun ini terdiri atas pembangunan ruang tunggu baru yang dilengkapi belalai gajah (garbarata), lapangan parkir pesawat (apron), dua jalur taxi way serta sejumlah fasilitas keselamatan penerbangan dan pelayanan penumpang. (antara)


Responses

  1. saya baru tahu tanggal 20 kenapa sudah ditutup padahal saya pingin bgt


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: