Oleh: Palimbani | 3 Oktober 2007

November–Desember Diprediksi Paceklik

Perum Bulog Divre Sumbagsel khawatir akan terjadi peningkatan harga beras pada November dan Desember. Dua bulan tersebut akan terjadi paceklik akibat rendahnya produksi padi. ”Kita mengkhawatirkan (kenaikan beras) November dan Desember. Karena pada dua bulan tersebut produksi sangat rendah, sementara permintaan akan naik,” kata Kepala Bidang Layanan Publik Perum Bulog Divre Sumsel Sardjono di Palembang, Selasa (2/10).Tahun lalu, pada November–Desember terjadi peningkatan harga sebesar 5% pada beras kualitas rendah. Meski demikian, Sardjono menegaskan bahwa Bulog tetap mencukupi kebutuhan. Saat ini, stok beras di Bulog masih tersisa sebanyak 60.000 ton. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dikeluarkan sebanyak 5.000 ton per bulan.

”Jika kita melakukan intervensi, maka beras kita hanya cukup sampai Maret. Tapi, kalau kita tidak intervensi, stok akan cukup hingga Agustus 2008,” katanya. Hingga kini, Bulog terus memantau seluruh pasar tradisional di Palembang dan memastikan harga tetap stabil pada harga Rp4.500 per kilogram pada beras berkualitas baik.

”Saat ini Bulog kembali dibebani tanggung jawab terhadap harga beras, dan memastikan harga tidak mengalami kenaikan pada Ramadan dan Lebaran tahun ini,” katanya. Sardjono menjamin harga beras hingga Lebaran masih akan stabil, karena beras di penggilingan masih cukup. Selain itu, suplai beras dari produsen masih cukup banyak yang masuk ke pasar.

”Jadi, belum terganggu,”ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Abdul Sobur meminta para distributor dan pengecer sembako di Sumsel tidak menaikkan harga saat Ramadan dan Lebaran. Jika para distributor dan pengecer membandel, pemprov melalui Disperindag akan memberi sanksi tegas.

Dia menjelaskan, saat ini stok sembako di Sumsel aman. Disperindag telah melakukan koordinasi dengan para distributor sembako dan mengecek stok sembako di gudang-gudang distributor di Palembang. uzair/irwan/sindo)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: