Oleh: blogs | 8 Oktober 2007

Deptan: 2008, Subsidi Pupuk Urea Akan Dikurangi

Departemen Pertanian (Deptan) mengungkapkan pada tahun depan pemerintah tetap memberikan subsidi pupuk, namun subsidi untuk pupuk urea akan dikurangi. Dirjen Tanaman Pangan Deptan, Sutarto Alimoeso di Jakarta, Senin mengatakan, jika pada 2007 subsidi urea sebanyak 4,5 juta ton, maka pada 2008 hanya 4,3 juta ton. Sedangkan untuk SP-36 dan NPK subsidinya akan ditingkatkan dengan rincian SP36 dari 800 ribu ton menjadi satu juta ton dan NPK dari 700 ribu ton menjadi satu juta ton. Sementara pupuk ZA subsidinya tetap sebanyak 700 ribu ton. Untuk tahun depan pemerintah juga akan mengalokasi subsidi pupuk organik sebanyak 500 ribu ton.”Arah kebijakan pupuk akan kita ubah menjadi pemupukan berimbang dengan menggunakan pupuk organik. Hal ini sebagai antisipasi persoalan `global warming` dan kondisi lahan yang semakin jelek,” kata Sutarto.

Sebelumnya di tempat terpisah Direktur Pemasaran PT Pusri, Bowo Kuntohadi menyatakan, meskipun harga pupuk NPK yang sudah disubsidi lebih tinggi dibanding urea maupun SP-36 untuk setiap kilogramnya namun penggunaan pupuk NPK akan meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Berdasarkan ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dikeluarkan pemerintah untuk pupuk urea bersubsidi sebesar Rp1.200/kg, SP-36 seharga Rp1.550/kg dan NPK Rp1.750/kg.

“Pemakaian NPK sebanyak 300 kg setiap hektar akan menaikkan produksi gabah kering panen sebanyak dua ton,” katanya.

Karena itu, tambahnya, bila petani lebih jeli maka hal itu akan menguntungkan petani karena penggunaan pupuk NPK juga mampu menurunkan tingkat pemakaian urea nasional sebanyak 666.000 ton.

Bowo mengatakan, jika petani hanya menggunakan pupuk urea maka setiap hektar memerlukan pupuk urea sebanyak 3000 kg sedangkan jika ditambahkan NPK 300 kg maka urea yang diperlukan hanya 100 kg per hektar.

Sementara itu menyinggung pencapaian target produksi padi 2007 sebesar 58,18 juta ton, Sutarto mengakui masih banyak kendala, terutama dalam pengadaan benih subsidi.

Karena itu dia meminta semua aparat di Ditjen Tanaman Pangan dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan harus bekerja keras, terutama memantau dalam panen yang terjadi selama Oktober-Desember.

“Produksi padi kita tahun ini belum sesuai harapan. Kita harus kerja keras untuk mendapatkan tambahan sebanyak tiga juta ton gabah. Bagaimana mencapainya, kita harus monitor dengan baik,” katanya di sela-sela buka puasa pada akhir pekan lalu.

Meski menghadapi berbagai kendala, Sutarto tetap optimistis target produksi gabah nasional tahun ini sebesar 58,12 juta ton GKG akan tercapai. Hal itu didasari pada pencapaian tanam hingga Agustus 2007 sudah mencapai 100,42% dibanding target yang ditetapkan. Keyakinan pencapaian produksi 2007 tersebut juga didasarkan pada realisasi penyaluran pupuk yang cenderung meningkat dari tahun sebelumnya.

Penyerapan musim tanam (MT) 2007 dari April hingga Agustus untuk pupuk urea, ZA dan NPK telah melebihi sasaran yang ditetapkan. “Tentunya ini akan mendorong peningkatan produktivitas,” katanya. (kpl/blogpusri)


Responses

  1. distribusi pupuk di kab. jember tidak sesuai aturan, karena jalur distribusi yang seharusnya langsung ke kelompok tani ternyata harus melalui kios yang ditunjuk distributor. mohon segera di tanggapi dan dibereskan ketidaklurusan proses ini.

  2. Mgkin anda slh mendgrkn info.Mmg lwt kios resmi yg ditnjuk DO tu bnr.Hanya aja,kios resmi kurang ajar.Krn tidak minta RDKK dari poktan.Shgga semau kios dlm menentukn hrganya.Dan dijual kepada kios2 tak rsmi.Jd dijual bebas.Lucux phk DO uda kong kalikong.Sprti di lamongan.Amburadol ! Smoga mereka2 dilaknat oleh Allah..Amin

  3. Buat pak mul mantan manager pemasaran PD aneka usaha lamöngan yg sekarang lagi mendapat siksa kubur.Selamat menikmati ! Dan buat yusro pengganti pak mul.Selamat mengantri siksa kubur.Semoga anda cepat mampus

  4. Memang inilah wajah negeri kita.Peraturan dibuat hanya sebagai simbol.S

  5. Dancuk!! Oknum PD aneka usaha lamongan jaya yg menimbun pupuk

  6. malah saya kebingungan sbg kios tertua di semboro krn tidak pernah tahu sosialisasi ttg akan adanya kios resmi awal th 2006 sy menolak kiriman pupuk dr salah satu distributor di jbr, namun setelah tahu perubahan pendistribusian pupuk sy mencoba mendapftarkan mjd kios resmi sampai ke 3 distributor di jbr , NAMUN KETIGA2NYA SLALU DITOLAK DG BYK ALASAN, MOHON PIHAK YG BERKOMPETEN UNTUK MENOLONG KIOS SAYA …

  7. Jasi jgn salahkan kami yg mendpt julukan kios liar menjual pupuk diatas HET krn kami pun mendapatkan pupuk tsb sudah mahal, karena kalau kami diam berarti DAPUR TIDAK NGEGUL … PADAHAL KIOS TSB SEJAK TH 1975 TEMPAT KELUARGA BESAR SAYA MENCARI PENGHASILAN UNTUK BERTAHAN DLM KEHIDUPAN INI… SMOGA PRATAMA (OM ANWAR ) TERKETUK HATINYA UTK MERANGKUL KIOS HASIL TANI DI SBR, JGN HANYA JANJI2 SAJA..

  8. Seandainya… para distributor tdk sempat membaca ini tetapi ada pihak yang terkait dg masalah ini membacanya, dg ketulusan hati sy mohon berilah bantuan pd sy bagaimana langkah sy agar bisa menjadi ”HASIL TANI” SEMBORO MENJADI KIOS PENGECER RESMI…, TERIMA KASIH.

  9. saya ingin belajar mengenai distribusi pupuk buat petani, tiap tahun selalu ada masalah. memang gimana seh prosedur bakunya? ada yang berminat ngajarin saya, please kirim email ke ar_senjaya@yahoo.com, siapa tahu bermanfaat buat saya dan bpk/ibu.

  10. Bpk/ Ibu sekalian, saya ada pupuk organik yang sudah diuji sejak 1986- sekarang, meggunakan mikroba unggul yang telah terseleksi dalam laboratorium.
    bisa meningkatkan pertumbuhan hingga 2 – 3 kali lipat serta mengurangi pemakaian urea hingga 50% sehingga biaya akan jauh lebih efisien.
    salah satu contoh hasil pupuk organik kami adalah singkong terbesar mencapai 2 meter (masuk rekor muri), dan terong terbesar (masuk dalam guinness book of record), jika anda tertarik dan ingin bekerja sama silahkan email saya di pupuk_organik@hotmail.com.
    saya tunggu email dan kerjasama anda.

  11. Didesa Sanenrejo pupuk urea dijual tdk langsung ke poktan tapi kepengepul, ke poktan agak mahal karena pengepul dari kios dgn hargadiatas standar yg ditentukan.Bagaimana klo pemerintah langsung memfasilitasi pendistribusian pupuk kepoktan.

  12. Disanenrejo pupuk urea dikios resmi UD Sederhana dijual 130 rb s.d 135 rb/kw.Seharusnya 120 rb/kw.
    Dari kios 80 persen peredarannya lewat pengepul tdk langsung ke petani,dari sini dijual 160 rb/kw,klo hutang mencapai 200 rb/kw bayar musim panen.

  13. Tendensi kios UD Sederhana jual lewat pengepul adalah agar komoditi hasil panen bisa dikuasai oleh pemilik kios tsb yakni UD Sederhana.Harapan kel.tani pendistribusian pupuk langsung ke kel.tani.Dan perlu dicermati,petani pada umumnya hutang bayar panen.

  14. Bantuan bibit padi tanam gadu 2008 di Sanenrejo Tempurejo Jbr digelembungkan ke 3 poktan,seharusnya jatah 8 poktan yg ada.Penerima bibit Burhan,Suprih dan Suwari.Namun dicek petani tidak pernah dapat bantuan itu.Bantuan itu sudah dlporkan panen kedinas.

  15. Modus penggelapan bibit padi di Sanenrejo Tempurejo Jbr adalah 3 poktan merubah nama dan yg 5 poktan dianggap tdk ada.Burhanudin berperan jadi Ketua Gapoktan pdhal Ketuanya Kationo.Mantri pertanian mengakui 3 poktan,Pdhal ada 8 poktan dan arsipnya ada.

  16. Penggelapan bibit padi bantuan tanam gadu 2008 di Sanenrejo Tempurejo Jbr harus segera diusut tuntas oleh fihak yang berwajib,kalau tidak,tunggu kemarahan rakyat/petani seperti halnya bom waktu yg kapan saja bisa meletus.Kami harap Dns prtanian tanggap

  17. Kecurangan distribusi bibit padi tanam gadu 2008 di Sanenrejo Tempurejo,kalau tidak ditanggapi maka kami akan bongkar semua ini ke DPRD,Polres dan LSM.Kami dalam waktu dekat tidak main-main.

  18. UD Sederhana nyata tidak mau kerjasama dengan poktan,pupuk diedarkan melalui belandang dan banyak diedarkan ke tani hutan,padahal jatah tani sawah.Kalau seperti ini terus,ijin pendirian kios UD Sederhana dicabut saja.Dan RDKK akan kami cabut juga.

  19. Kami telah berhasil mengaplikasikan pupuk hayati Tiens Golden Harvest pada tanaman padi,jagung,pepaya dan cabe rawet.Kandungan pupuk tsb mikroba penghasil unsur P,N,penetral unsur kimia buatan sampai residu 0 %,ngurangi pupuk kimia 50 %,Hub 085859665966

  20. Pupuk Tiens Golden Harvest hasil produksi meningkat sampai 40 % dan bebas kimia.Kalau anda pengen jadi Distributor atau memakainya,hubungi saya Nuryanto,Mandilis RT 03 RW 01,Sanenrejo,Tempurejo,Jember 68173,Hp 085859665966

  21. Dengan menjadi Distributor Tiens Golden Harvest anda bis meraup penghasilan sampai puluhan juta per bulan,jika mengikuti sistem kerja perusahaan dengan baik.Heboh.Perusahaan Interternasional.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: