Oleh: blogs | 10 Oktober 2007

Bulog Jambi Siapkan 6.500 Ton Beras

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan harga beras menjelang Lebaran, Bulog telah menyiapkan 6.500 ton beras untuk operasi pasar di Provinsi Jambi. Volume pasokan beras hingga kini masih normal.

Kepala Bulog Subdivre Jambi M Bakri mengemukakan, saat sekarang telah tersedia stok 8.554 ton beras di gudang Bulog, dan menyusul distribusi 4.125 ton lagi diperkirakan tiba awal September ini. Setelah dikurangi alokasi beras untuk orang miskin, maka masih tersisa 6.500 ton.

“Ini akan kami gunakan sebagai cadangan untuk operasi pasar sewaktu-waktu ketika harga beras mengalami lonjakan lebih dari 10 persen,” tutur Bakri, Selasa (9/10).

Meski demikian, pada upaya menstabilisasi harga beras ketika terjadi lonjakan, Bulog tidak akan memanfaatkan subsidi untuk operasi pasar. Meskipun harganya lebih murah, operasi pasar bermaksud meningkatkan suplai di pasaran supaya harga beras turun otomatis dengan sendirinya.

Mendekati Lebaran, pihaknya memperkirakan tak akan terjadi kenaikan harga beras yang drastis. Pasalnya, pasokan beras dari lumbung-lumbung padi di daerah di Jambi masih memenuhi kebutuhan Bulog, ditambah 90 persen lagi stok beras impor.

Saat ini, tambah dia, tengah berlangsung panen dari hasil tanam musim kemarau. Dengan demikian, pasokan beras masih stabil setidaknya sampai dengan akhir Oktober atau November.

Kalaupun saat ini ada beras yang harganya naik, tidak akan signifikan. Kenaikan itu juga lebih didorong faktor psikologis masyarakat menjelang Lebaran. “Mungkin ada yang khawatir pasokan berkurang, lalu ikut-ikutan beli beras. Akibatnya harga beras juga sempat terangkat beberapa hari lalu,” tuturnya.

Bakri melanjutkan, pihaknya akan membeli 1.500 ton lagi beras ke petani di Kerinci pada November mendatang. Sedangkan untuk kebutuhan rutin, yaitu raskin, pihaknya juga menyerap beras asal Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan sejumlah daerah pertanian padi lainnya.

Pembelian ini bertujuan sebagai cadangan kegiatan operasi pasar. Hingga Januari tahun depan, total cadangan Bulog untuk operasi pasar 11.500 ton.

Dengan pasokan beras ke gudang-gudang milik Bulog di Jambi, operasi pasar dapat dilaksanakan sewaktu-waktu tatkala harga melambung tinggi. Bulog siap melaksanakan fungsinya menstabilkan harga beras. (ITA/kmps/bp)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: