Oleh: Palimbani | 23 Oktober 2007

Pusri Cetak Laba Rp700 Milyar

PT Pupuk Sriwidjaja hingga Agustus tahun ini berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp. 700 miliar. Angka ini terbilang fantastis, pasalnya tiga tahun belakangan laba perusahaan yang memproduksi pupuk bersubsidi itu terus anjlok.

Pada 2004 Pusri mendapat laba bersih Rp. 380 miliar, 2005 turun menjadi Rp. 180 miliar dan 2006 turun drastis hanya Rp. 90 miliar. ”Untuk 2007 ini hingga Agustus laba bersih sudah mencapai Rp. 700 miliar. Ini yang harus terus kita tingkatkan,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Pusri Ir Dadang Heru Kodri MM pada acara halal bihalal keluarga besar PT Pusri di Gedung Serbaguna PT Pusri, kemarin (22/10).

Peningkatan laba bersih tersebut, kata Dadang, diantaranya ditunjang dengan banyaknya perkebunan di Sumsel. Pada tahun-tahun sebelumnya potensi ini belum dilirik PT Pusri dan anak-anak perusahaannya. Pusri fokus pada sektor pertanian saja.

Dalam kesempatan itu, Dadang juga mengingatkan karyawan Pusri mengenai code of conduct (panduan perilaku,red). Yakni sebagai acuan bagi seluruh jajaran perusahaan dalam pelaksanaan tugasnya, terutama yang terkait dengan kegiatan penerapan GCG (good coorporate governance) di seluruh lingkup kerja perusahaan.

”Yang terpenting kita harus teliti dan tidak boleh serampangan. Saya selalu menggugah kawan-kawan untuk bagaimana menciptakan perusahaan itu bersih akan tetapi tetap hidup,” jelasnya seraya mengatakan, setiap karyawan harus menanamkan sifat EELOK, yakni entrepreneurship, etika, leadership, organizer dan kerjasama.

”Saya menginginkan Pusri ini menjadi perusahaan yang berbisnis dengan beretika. Jadi bisnis itu dilandasi dengan etika bisnis yang baik. Salah satu yang paling penting tidak boleh melakukan kesalahan-kesalahan yang sifatnya kecil dan tidak diatur perusahaan,” paparnya. EELOK, lanjut Dadang, setidaknya diterapkan supaya terus meraih keuntungan yang baik serta memperoleh laba bersih yang terus meningkat.

Sementara itu, dalam acara halal bihalal, Ustaz Prof Dr Ir H Fahrurozi Syarkowi MSc melalui tausiyahnya mengajak karyawan Pusri terus menjalankan perintah-NYA dan menjauhi larangan-NYA. Seperti selalu sabar, menegakkan sholat lima waktu, membagikan harta kepada yang berhak dan kegiatan lainnya yang dicintai Allah. [sumeks/blogpusri]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: