Oleh: blogs | 3 November 2007

Miliaran, khusus Kemitraan dan Bina Lingkungan

KEPALA Departemen Kredit Usaha Kecil dan Bina Lingkungan PT Pusri, Ir H Bambang Subiyanto MM, menegaskan, selama ini pihaknya aktif melakukan sosialisasi tentang proses pengelolaan limbah pabrik. Dalam upaya pemberdayaan masyarakat, PT Pusri juga rutin menggelar aneka program kemitraan dan sosial.

“Pada prinsipnya, kami terbuka dengan berbagai keluhan warga. Selama itu jelas dan berdasar, semuanya pasti akan kami tindak lanjuti. Ini adalah bagian dari kebijakan lingkungan PT Pusri. Kami akan lakukan evaluasi secara terus menerus. Kami berterima kasih dengan masukan warga karena Pusri ini juga milik warga,” kata Bambang kepada Sumatera Ekspres, Jumat (2/11).  

Bambang menjabarkan, dalam mengatasi dampak produksi, selain menggunakan teknologi dan institusi, Pusri juga menggunakan pendekatan sosial. Diungkapkan, setiap tahunnya, Departemen KUK dan Bina Wilayah selalu mengadakan kegiatan sosial dan pembinaan.

”Kegiatan seperti ini dapat terlaksana jika perusahaan kita memperoleh laba. Yang mana besarnya laba yang diambil yakni satu persen dari laba perusahaan setelah dipotong pajak,” tuturnya.

Nah, jika perusahan merugi, lanjut Bambang, maka kemitraan dan pembinaan kepada warga tidak akan terwujud. “Karena, itu bantu Pusri agar tetap andal dan sukses menjalankan perusahaan. Mohon support dan restunya. Dengan begitu, ke depan akan lebih banyak lagi program kemitraan, pembinaan dan kegiatan sosial bersama warga,” katanya.

Dikatakan, PT Pusri tahun 2007 mengalokasikan dana program kemitraan bina lingkungan sebesar Rp12 miliar. Realisasi dana tersebut, per September 2007 mencapai 84, 36 persen atau Rp1,9 miliar. “Dana sebesar itu dialokasikan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kegiatan usaha,” kata Bambang.

Menurut Bambang, sejak Januari-September 2007, pihaknya telah mengucurkan dana bantuan kepada mitra binaan sebesar Rp7,8 miliar. Mitra binaan yang memanfaatkan bantuan itu adalah koperasi, pengusaha kecil dan menengah yang bergerak di sektor kerajinan rakyat.

Selain itu, PT Pusri juga mengucurkan bantuan hibah dalam bentuk berbagai macam pelatihan sebesar Rp1,8 miliar dari alokasi bantuan hibah sebesar Rp2,3 miliar.

Saat ini, kata Bambang, PT Pusri memiliki 6.682 mitra binaan di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 6.427 di antaranya adalah pengusaha kecil, dan sisanya koperasi. “Khusus di Sumsel kami mempunyai 4.600-an mitra,” katanya. Khusus di Palembang program itu diprioritaskan untuk warga Kelurahan 1 Ilir, 3 Ilir, Sungai Buah, Sungai Selayur, yang dekat dengan pabrik.

Sementara itu untuk Bina Lingkungan PT Pusri, per Sepetember 2007 sudah menyalurkan dana sebesar Rp1 miliar lebih dari anggaran Rp2,1 miliar untuk program-progam di berbagai daerah di Indonesia, seperti bantuan korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, serta sarana ibadah.

Kiprah ini nampaknya mendapat respon positif dari para warga di sekitar pabrik. Sejumlah ketua RT di Kelurahan 1 Ilir, 3 Ilir, Sungai Buah, dan Sungai Selayur yang dihubungi mengaku selama ini terbantu dengan program kemitraan dan bina lingkungan PT Pusri. Demikian seperti dilansir harian sumeks.

Soal keluhan dampak proses produksi, menurut sejumlah ketua RT selama ini selalu ditanggapi positif dan ditindaklanjuti oleh Pusri. Mereka malah mengaku bingung dan tidak tahu menahu dengan keberatan beberapa oknum warga.

“Hanya sebagian kecil warga saja yang protes. Tapi mereka mengatasnamakan seluruh warga. Kami tidak tahu apa motivasi mereka,” kata salah seorang ketua RT yang enggan namanya disebut.

Sementara itu menurut Andri Manto, Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) 3 Ilir, sebagai BUMN, Pusri memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan sosial. “Kami berterima kasih dengan semua upaya yang telah dilakukan oleh Pusri untuk masyarakat di Kalurahan 3 Ilir. Warga di sini tidak hanya terbantu secara modal untuk usaha tapi juga pengetahuan,” kata Andri yang juga menyebutkan Pusri telah banyak membantu pengadaan berbagai sarana dan prasarana umum di wilayahnya. (mg12/adv/sumeks)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: