Oleh: Palimbani | 9 November 2007

9 Pembangkit Listrik Swasta Dibangun di Kalimantan

Sembilan proyek pembangkit listrik swasta berkapasitas sekitar 600 megawatt akan dibangun hingga akhir 2020, untuk mengatasi krisis listrik di Kalimantan. Selain itu, PT PLN (Persero) akan menyelesaikan pembangunan sistem transmisi kelistrikan sebesar 150 kilovolt (KV) yang meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah pada 2008. Kalimantan Barat (Kalbar) ditargetkan interkoneksi dengan tiga provinsi lain di Kalimantan pada 2015.

Direktur Utama PT PLN Eddie Widiono mengemukakan itu, Kamis (8/11), saat pemancangan tiang pertama proyek swasta pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Wajok Hilir di Kecamatan Siantan, Kabupaten Pontianak, Kalbar.

Menurut Eddie, saat ini terdapat 14 pembangkit listrik swasta di seluruh Indonesia yang telah beroperasi, dengan daya total 4.200 megawatt (MW). Delapan unit lainnya dengan daya total 650 MW masih dalam tahap pembangunan dan tersebar di Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi. Ada pula 38 proyek pembangkit swasta dalam proses pendanaan, dan 73 proyek lain dalam proses evaluasi, tender, dan finalisasi.

Pembangkit listrik swasta yang akan dibangun di Indonesia hingga akhir 2020 adalah 30.000 MW. Proyek-proyek itu seluruhnya berbahan bakar non-BBM.

PLTU Wajok Hilir adalah proyek pembangkit listrik swasta pertama di Kalbar dengan bahan bakar batu bara, dan memiliki kapasitas daya listrik 2 x 25 MW. Proyek yang dibangun PT Equator Manunggal Power dengan investasi Rp 600 miliar ini ditargetkan dioperasikan akhir 2009. (why/harian kompas)


Responses

  1. semoga terlaksana supaya pengembangan daerah kawasan timur lebih cepat dan produktif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: