Oleh: blogs | 19 November 2007

Butuh Pupuk 28.000 Ton

Kebutuhan pupuk urea di Sumsel selama musim tanam saat ini mencapai 28.000 ton. Pusri dan distributor memiliki stok untuk itu sehingga apabila petani tidak mendapatkan, maka hanya soal waktu.

Demikian dikatakan Rudi Apriadi Lifiah, Ketua Gabungan Penyalur Pengecer dan Pengangkut Pupuk Pusri, dan seorang distributor, Haidir Rohimin, Minggu (18/11) di Palembang.

Rudi menjelaskan, kesulitan petani mendapatkan pupuk urea selama periode tanam padi besar ini bukan karena kelangkaan, melainkan persoalan keterlambatan distribusi.

Menurut dia, petani juga perlu memaklumi masalah rantai distribusi pupuk urea di Sumsel yang cukup panjang, mulai dari produsen, distributor, pengecer, sampai ke tangan petani.

Panjangnya rantai distribusi pupuk disebabkan faktor geografis Provinsi Sumsel yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan perairan sungai. Kondisi tersebut mengakibatkan distributor kesulitan mencapai titik akhir distribusi dengan tepat waktu.

“Kapal tongkang untuk mendistribusikan pupuk hanya ada satu buah. Itu pun datang melayani hanya sekali seminggu,” kata Rudi.

Dia juga membantah sinyalemen bahwa distributor selalu “pilih kasih” dalam hal penjualan. Dia menjelaskan, pada periode tanam padi besar seperti sekarang ini, distributor tentunya tidak mau berspekulasi untuk tidak menyalurkan pupuk kepada petani.

“Total kebutuhan pupuk di Sumsel saat ini 28.000 ton. Jumlah itu tersedia di gudang Pusri dan distributor. Kami sedang menyalurkannya,” kata Rudi.

Untuk harga eceran tertinggi (HET), Rudi dan Haidir menjamin tidak ada penyimpangan karena semuanya terpantau. Menurut dia, HET saat ini Rp 60.000 per zak kapasitas 50 kilogram. [kompas/blogpusri]


Responses

  1. Saya saat ini sedang mensuplai pupuk hayati. Keunggulan pupuk ini bisa mengefisiensikan pupuk kimia hingga 50%. Dan hasil dari pemakaian pupuk ini telah membuat singkong terberat yang masuk ke dalam rekor muri. Perhektarnya hanya dibutuhkan 1 liter pupuk ini dicampur 100 liter air. Jika ingin mengetahui lebih lanjut hubungi saya,Wildan:08561517426
    atau email ke sieg_heart_let@yahoo.co.id

  2. UNTUK MENGURANGI KEBUTUHAN PUPUK KIMIA DAPAT MEMAKAI PUPUK ORGANIK MIKRO DENGAN KAPASITAS SAMPAI 50%.KET DAPAT ANDA BUKA http://WWW.NATURALNUSANTARA.CO.ID
    TERTARIK HUB SAYA 085729842865 ATAS NAMA PUTRA

  3. Saya saat ini sedang mensuplai pupuk organik. Keunggulan pupuk ini bisa menghemat biaya produksi pupuk kimia hingga 50%. Dan hasil panen dapat meningkat 20%-40% dan pemakaian pupuk ini telah membuat singkong terberat (60 kg), dan terpanjang (3 m) yang masuk ke dalam rekor muri. Perhektarnya hanya dibutuhkan 1 liter pupuk ini dicampur 100 liter air. Jika ingin mengetahui lebih lanjut hubungi saya, ALI : 021-92765781
    atau email ke : a_lee36@yahoo.com.
    NB: READY STOCK !!

  4. salam sejahtera…
    perkenalkan nama saya julius…
    kebetulan saya adalah pensuplai pupuk…
    pupuk yang saya tawarkan adalah pupuk hayati cair (organik), yang dapat membantu bapak meningkatkan hasil pangan sampai dengan 50%, dan juga mengurangi biaya perawatan sampai dengan 50% juga….
    saya telah berhasil mensuplai pupuk ini di purwakarta,kalimantan.surabaya,riau,medan, dll…
    dan saya akan membantu anda juga dalam memperoleh keuntungan bisnis dari pupuk ini…
    untuk hasil Bapak tidak perlu ragu..
    karena saya siap memperlihatkan bukti2 dari hasil pemakaian pupuk ini…
    saya akan memberikan Bapak harga perkenalan/promosi agar Bapak memperoleh harga yang murah….
    dan berapapun pesanan Bapak…
    saya READY STOCK!!!
    untk informasi lebih lanjut tolong hubungi 021-94221833 atau e-mail ke juliusandrew.alam@yahoo.com
    sekian terima kasih…

  5. saya punya kenalan pesuplai pupuk organik bisa meniadakan pupuk kimia hingga 100% namanya pak ANDI 021-91822796 katanya silahkan menghubungi saja telepon atau sms

  6. Untuk mengatasi kelangkaan pupuk saya menggunakan pupuk cair organik, tetapi karena terlalu banyaknya pupuk organik saya harus benar2 teliti sebelum membeli akhirnya saya cobakan 5 jenis pupuk organik yang terus menerus saya pantau perkembangannya dalam 1 tahun ini dan saya menemukan pupuk yang benar2 baik dan tepat.
    Saya sudah cobakan pupuk ini ke beberpa tempat sepert; bali (paprika, kubis), ponorogo (padi, kacang tanah, dan kedelai), lampung (cabai, padi, jagung), bengkulu (sawit), kalimantan kab. sambas(sawit dan jeruk), madiun desa kare, cermo, dan kambatan (coklat, padi, cengkeh, dan kopi) hasilnya memuaskan ! biaya operasional dan produksi pertanian berkurang sampai 40% bahkan lebih, hasilnya ada kenaikan minimal 10%! sampai sekarang saya menjadi agen pupuk ini dibrosurnya tertera web dan blognya kalau teman2 mau buka coba saja di http://www.fumure.com dan
    http://www.fumureindonesia.blogspot.com
    thank’s

  7. saya sudah cobakan pupuk organik cair fumure dari pak andi di desa ngloning, ponorogo, untuk taneman padi dan jagung sewaktu 3 hari sebelum tanam 1Ha padi saya campurkan 4botol Tronc kedalam 5ton kompos (harusnya 100kg : 4botol, tetapi supaya menghemat saya coba 4:5ton) kemudian 1 hari sebelum tanem bibit di rendam dengan larutan fumure selama 24jam, 7 Hari Setelah Tanam, 14HST, 30HST, 45HST, 60HST disemprot dengan larutan POC fumure 1 tangki 17liter : 17 tutup botol fumure, saya pakai bibit padi ciherang rata2 1Ha tanpa POC Fumure bisa menghasilkan rata-rata 6-6,5ton gabah, sesudah memakai POC Fumure ada kenaikan hingga 37% (8,9ton)gabah
    hasilnya LUAR BIASA! saya memutuskan untuk pake fumure, fumure ga beracun, ga berbahaya buat kesehatan, ga ada kimia buatan sama sekali, cara pakenya mudah, hemat, cepet larut dalem air,tahan lama kalau disimpen dimana saja, ga kayak pupuk hayati yg terbuat dari bakteri yg cepet mati. saya baru ngerti bahwa POC Fumure tuh makanan langsung buat taneman jadi taneman jg cepet tumbuh karna Larutan fumure mudah diolah dan dimakan tumbuhan

    teleponnya pak andi 91822796, bisa diskusi dan saya banyak dapet ajarann baru tentang taneman


Tinggalkan Balasan

Kategori

