Oleh: blogs | 19 November 2007

Diversifikasi Pangan Nonberas Harus Dimulai

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian mengimbau masyarakat Indonesia agar segera melakukan diversifikasi pangan nonberas sejak dini. Upaya itu perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan menghindari ketergantungan impor.

Demikian dikatakan Ahmad Suryana, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian, di Balai Keratun, Gedung Gubernur Lampung, akhir pekan lalu.

Menurut Ahmad, untuk menjaga ketahanan pangan nasional, selama ini pemerintah cenderung memilih upaya impor beras. Padahal, beras yang diimpor kurang dari 1 persen dari total produksi beras nasional.

“Diversifikasi pangan, terutama pangan berkarbohidrat nonberas harus dimulai supaya Indonesia tidak terus-menerus impor beras,” ujar Ahmad.

Namun, hingga kini diversifikasi pangan masih sulit dilakukan di Indonesia. Masyarakat Indonesia belum mengetahui cara mendiversifikasikan bahan pangan berkarbohidrat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Karena itu, makanan berbahan pangan nonberas sering kalah bersaing dengan beras.

Sementara di sisi lain, diversifikasi pangan nonberas juga terkendala aspek pendapatan masyarakat. “Ada korelasi antara tingkat pendapatan dan keragaman pangan,” kata Ahmad.

Semakin rendah tingkat pendapatan masyarakat, tingkat keberagaman pangan nonberas juga semakin rendah. Sementara semakin tinggi tingkat pendapatan, tingkat keberagaman pangan nonberas juga semakin tinggi.

Untuk itu, pemerintah harus memanfaatkan momentum target pertumbuhan ekonomi 2007 sebesar 6 persen. Target tersebut diharapkan bisa mendorong keberagaman dan kualitas pangan nonberas.

Selain itu, Ahmad juga mengingatkan pemerintah agar mulai melakukan perencanaan pemanfaatan produk pertanian. Hal ini perlu karena berkaitan dengan tren dunia yang saat ini lebih suka memanfaatkan produk pertanian untuk bahan bakar. (HLN/kmps)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: