Oleh: Palimbani | 29 November 2007

Permintaan Pupuk Bersubdisi Melonjak

Memasuki musim tanam, permintaan pupuk di tiga kabupaten, OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan, terus melonjak. Bahkan, per hari, gudang PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) di OKU Timur mampu mengeluarkan hingga 1.300 ton pupuk.“Selama bulan ini saja (November), setidaknya 9.738 ton pupuk urea subsidi yang telah disalurkan ke petani di tiga kabupaten,”ungkap Kepala Pemasaran Pusri Kabupaten (PPK) OKU H Burlian di Martapura, Rabu kemarin. 

Dia menilai, tingginya permintaan pupuk akhir-akhir ini lebih disebabkan karena petani sedang memasuki musim tanam. Kondisi demikian memaksa pihaknya untuk selalu siap dalam pengadaan stok. Namun, para petani tak perlu khawatir akan kehabisan pupuk. Sebab, PT Pusri kembali akan memasok sekitar 4.000 ton pupuk tambahan ke gudang PT Pusri di Martapura dan Kurungan Nyawa.

Selain itu, lanjut dia, persediaan stok di gudang Kurungan Nyawa dinilai masih lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan petani, sekitar 900 ton lagi. Mengenai penambangan stok, rencananya akan dilakukan secara bertahap, baik untuk stok di gudang Martapura yang melayani wilayah OKU dan OKU Selatan maupun stok di gudang Kurungan Nyawa yang bertugas melayani kebutuhan pupuk di wilayah OKU Timur.

Terpenuhinya kebutuhan pupuk bersubsidi ini sangat disambut para petani di Kab OKU Timur yang dikenal sebagai lumbung beras di Prov Sumatera Selatan. Seperti yang dilontarkan petani dari Desa Tugu Mulyo, Kec Belitang, Sumirno. Dia menyambut baik rencana Pusri menambah cadangan pupuk bersubsidi di OKU Timur. (CR-07/seputar indonesia)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: