Oleh: Palimbani | 1 Desember 2007

Batu Bara Ramah Lingkungan Diabaikan

Indonesia belum memprioritaskan untuk menggunakan teknologi batu bara ramah lingkungan. Hal ini karena tingkat emisi Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara maju lainnya. Prioritas negara saat ini adalah memenuhi kebutuhan energi nasional yang masih belum memadai.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral dan Batu Bara, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Mangantar S Marpaung, memaparkan hal itu seusai rapat koordinasi nasional tentang produksi batu bara nasional di Kuta, Bali, Jumat (30/11).

Menurut Marpaung, batu bara memang diakui menghasilkan banyak polusi, baik berupa karbon, belerang, maupun nitro-oksida. Penggunaan batu bara yang ramah lingkungan memang dimungkinkan dengan menerapkan sistem clean coal technology (teknologi bersih batu bara). Negara lain sudah menerapkan ini, tetapi dibutuhkan teknologi lebih maju dan biaya lebih mahal.

Secara terpisah, Hardiv Situmeang, delegasi RI untuk Konferensi Para Pihak Ke-13 pada Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (COP- 13/UNFCCC) yang membidangi pembahasan transfer teknologi, memaparkan, negosiasi transfer teknologi yang lebih ramah lingkungan dari negara maju masih harus diperjuangkan. Dari negara-negara maju sudah bisa dihasilkan teknologi bersih batu bara, misalnya dengan mengubah menjadi batu bara cair.

Kemudian emisi dari pemanfaatan batu bara sebagai energi dapat dihambat atau tidak terlepas ke atmosfer. Teknologi yang digunakan berupa carbon capture atau penangkap emisi karbon.

Marpaung menambahkan, saat ini pemerintah tengah memprioritaskan untuk mengurangi kebocoran penerimaan dari produksi batu bara. Perolehan pajak selama ini berdasarkan pelapor- an produsen batu bara yang mengindikasikan masih ada kebocoran. (AIK/NAW/kompas)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: