Oleh: blogs | 11 Desember 2007

Indonesia Miliki 40% dari Cadangan Energi Panas Bumi Dunia

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, Indonesia memiliki potensi energi panas bumi sebesar 27.000 MW atau 40 persen dari cadangan panas bumi dunia.

Potensi energi panas bumi yang cukup besar itu hingga kini baru dimanfaatkan sebagian kecil, yakni 992 MW, kata Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro ketika melaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada acara penandatangan kerja sama tentang Carbon Capture Storage (CCS) antara Departemen ESDM dengan Tatal E & F Indonesia di Nusa Dua, Bali Selasa.

Di sela-sela pelaksanaan Konferensi Internasional tentang perubahan iklim (UNFCCC), ia mengatakan potensi panas bumi yang ada diharapkan bisa dikembangkan secara bertahap dengan cara-cara yang baik, guna menghasilkan energi bersih dan ramah lingkungan.

Dengan demikian diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Menteri Purnomo menambahkan, kapasitas daya terpasang listrik di Indonesia hingga kini tercatat 25.000 MW dan masih terus ditingkatkan. Kini masih dalam tahap pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 10.000 MW di sejumlah daerah di Indonesia.

Energi panas bumi menjadi hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi di masa mendatang yang semakin meningkat.

“Untuk itu kerjasama teknologi tinggi dengan berbagai pihak diharapkan lebih menghemat bahan bakar dan inovasi baru guna menghasilkan energi bersih dan ramah lingkungan,” kata Menteri Purnomo.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara yang dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu menyaksikan sembilan penandatanganan naskah kerjasama serta peresmian sejumlah proyek di lingkungan Departemen ESDM. antara


Responses

  1. ass…

    iya saya harap juga seperti itu karena panas bumi yang terjadi akhir2 ini memang bukan panas yang biasa. saya rasa dengan adanya kerjasama dalam bidang teknologi yang dapat menghasilkan energi bersih sangat membantu dalam memperbaiki lingkungan dan menyelamatkan dunia dari pemanasan global.

    saya sangat tertarik dengan teknologi penghematan bahan bakar.. mudah2 mudahan itu bisa tercapai. amin.

    pak saya mau minta izin utuk melink bloq pusri ini ke bloq saya.

    terimakasih dan wassalam. ( elank37.wordpress.com)

  2. hmm…
    saat energi panas bumi itu telah dieksplorasi, ujung-ujungnya juga (mungkin) dijual ke luar negeri, dan didalam negeri harganya melambung *seperti kasus minyak bumi*

    tapi mudah-mudahan dengan ter-eksplorasinya energi panas bumi ini, akan mampu menejahterakan rakyat indonesia…

  3. gw ga ngrti cra pikir pmrnth,coba kalo kita simpn energi2 yg kita punya jgn jor2an di exploitasi asing,masa depan kita jadi negri yg paling makmur.cadangan minyak kt kira2 habis 28thn lg,gas kira2 50-60thn lg.trs anak cucu kt mau pake apa….???? amerika jstru mnympn minyak mrk di sumur2 minyak nya. sedangkan kita??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: