Oleh: blogs | 5 Januari 2008

Sepanjang 2007, Depkum HAM Renovasi 20 Rutan dan Lapas

Departemen Hukum dan HAM (Depkum HAM) telah merenovasi dan meningkatkan kapasitas 20 lapas dan rutan sepanjang tahun 2007. Upaya itu dilakukan untuk mengimbangi kapasitas jumlah napi.

“Total tambahan kapasitasnya untuk 9.400 napi,” kata Menkum HAM Andi Matalatta dalam pembukaan workshop jurnalis di Gedung Depkum HAM, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2008)

Selain penambahan kapasitas, Depkum HAM juga memindahkan napi dari LP yang melebihi batas. “Saya menyebutnya dengan istilah redistribusi napi yang tujuannya menjaga keseimbangan dan pemerataan penghuni,” jelas Andi.

Sayangnya lanjut Andi, meski penambahan kapasitas sudah dilakukan, jumlah lapas dan rutan dirasa masih kurang. Penambahan kapasitas diakuinya belum sebanding dengan banyaknya napi.

“Kita hanya mampu menambah menjadi 80 ribu saja, padahal saat ini jumlah napi yang tersebar di seluruh Indoneia ada 130 ribu,” terangnya.

Selain renovasi, Depkum HAM juga mengeluarkan kebijakan baru terkait penambahan pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat. Andi menyebutkan hingga Desember 2007 telah diproses 8.752 napi yang memperoleh cuti bersyarat. (yid /umi/detik)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: