Oleh: blogs | 22 Januari 2008

Investasi Perkebunan Menjanjikan

Pengamat ekonomi sekaligus dosen Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang Markoni Badri mengatakan, peluang investasi perkebunan pada tahun ini masih menjanjikan. Dia menuturkan, selain lahan yang tersedia masih sangat luas, pasar ekspor komoditas tersebut juga memiliki prospek yang menguntungkan.

”Saya pikir sektor perkebunan masih sangat diminati karena komoditi yang dihasilkan, seperti karet dan sawit, dapat dijual dengan harga mahal,” terangnya.

Terutama lahan yang berada di kawasan kabupaten Banyuasin, menurut Markoni, banyak lahan yang dapat dikelola secara maksimal. Selain perkebunan, sektor usaha yang diperkirakan bersinar sepanjang tahun ini, antara lain sektor jasa dan sektor pertanian secara agroindustri.

Karena itu, untuk dapat menarik peluang investasi sebesar-besarnya pada sektor ini, menurut Markoni, pemerintah daerah harus memberikan kemudahan perizinan, sekaligus menyediakan situasi yang aman dan kondusif meski beberapa daerah dalam waktu dekat akan menyelenggarakan pilkada.

Pengamat Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Amidi menilai, banyak faktor yang dapat dilakukan pemda untuk menangkap investor menanamkan modalnya di bidang pertanian, antara lain kejelasan tentang hak kepemilikan tanah perkebunan.

”Setiap orang yang mau berinvestasi pasti mencari kejelasan. Jangan sampai investor sudah siap melakukan pekerjaannya malah dituntut masyarakat setempat,” paparnya.

Dia menegaskan, kepastian kepemilikan lahan sangat penting karena sangat berpengaruh pada kepercayaan investor lain. Selain itu, dia menilai, pemerintah juga dituntut harus menyediakan infrastruktur pendukung ke suatu wilayah perkebunan.

”Karena ini sangat penting bagi calon investor yang berminat menanamkan investasi. Setelah itu, pembukaan akses kucuran dana perbankan juga dibutuhkan agar program revitalisasi perkebunan segera terealisasi,” tandasnya. (komalasari/harian SINDO)


Responses

  1. ada yg bisa kasih info langkah-langkah kalo mau investasi di Banyuasin bid. Perkebunan? Bisa di email ke saya_neeh@yahoo.com. Trims

  2. tlng di kasih informasi dunk tentang pengolahan /informasi kelapa sawit/perkebunan kelapa sawit yg mo di jual khususnya di wilayah pekan baru/lembah subur, saya berminat ,,, untuk informasinya tlng krmm email saya sakurareog@yahoo.com

  3. Bagi anda yang berminat mencari lahan perkebunan untuk berinvestasi di aceh, pada kami ada lahan seluas 10ribu ha yang saat ini oleh pemilik tanah telah memberi hak kuasa kepada kami untuk mencari para pembeli. tanah tersebut tidak ada gangguan dari siapa saja dan punya surat lengkap sampai dokumen dari pemerintahan belanda masih ada serta dokumen PPN jakarta, PPN NAD dan PPN Kab setempat.bagi yang berminat hubungi kami di no HP 08116803109.terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: