Oleh: blogs | 12 Februari 2008

Bulog Didesak Percepat Serap Gabah

Dinas Pertanian Sumatera Selatan meminta Bulog Sumsel mempercepat program penyerapan gabah petani pada periode awal 2008. Alasannya, cara itu dinilai tepat untuk mencegah semakin anjloknya harga gabah petani di beberapa kabupaten di Provinsi Sumsel yang sedang terjadi pada saat ini.

Demikian diutarakan Wakil Kepala Dinas Pertanian Sumsel Leonardo Hutabarat, Senin (11/2) di Palembang. Menurut dia, sampai sekarang Bulog Sumsel belum melaksanakan program penyerapan gabah 2008.

”Meskipun kami cukup paham bahwa Bulog saat ini masih menunggu tahun anggaran, menurut saya itu salah satu cara yang tepat agar harga gabah tidak semakin anjlok,” kata Leonardo.

Menanggapi pernyataan itu, Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Sumsel Sarjono menjelaskan, pihaknya saat ini juga sedang menunggu keluarnya keputusan pemerintah pusat tentang revisi harga pembelian pemerintah (HPP) 2008. Tanpa itu, Bulog Sumsel tak akan bisa menyerap gabah petani.

”Artinya, apabila kebijakan revisi HPP 2008 tak kunjung diputuskan, Bulog juga tak akan mendapat dropping kuota uang yang digunakan untuk membeli gabah petani,” ujarnya.

Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Sarjono memperkirakan kebijakan revisi HPP 2008 akan turun Februari ini. Dengan demikian, seperti biasanya pula, program penyerapan gabah petani akan mulai efektif berlaku pada Maret.*** (ONI)

***Harian KOMPAS


Responses

  1. kapan petani kita akan diuntungkan ?
    Mereka selalu hidup di garis kemiskinan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: