Oleh: blogs | 20 Februari 2008

PT Pusri Targetkan 3.000 Binaan Baru

PT Pupuk Sriwijaya menargetkan jumlah mitra binaan baru sebesar 3.000 pada tahun ini untuk meningkatkan hasil produksi padi petani. Kepala Keuangan Departemen Kredit Usaha Kecil (KUK) & Bina Lingkungan (BL) PT Pusri Palembang Sihontang HB Silaban menargetkan, mitra binaan baru yang dirangkul pada 2008 bertambah sebesar 3.000 orang. Menurutnya,target cukup realistis karena dana Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Pusri 2008 naik 30% atau sebesar Rp14 miliar dibanding 2007.

”Kita rencananya memang fokus menambah sekitar 3.000 mitra binaan baru pada tahun ini dari berbagai kelompok petani. Penambahan dilakukan supaya percepatan peningkatan hasil produksi pertanian lebih merata,” tukasnya.

Sebelumnya,dia mengatakan, jumlah mitra binaan yang telah terdaftar melalui Pusri sebanyak 5.111 dengan komoditas utama yang dikembangkan adalah sektor pertanian, khususnya padi. Silaban menuturkan, mitra binaan selama ini difokuskan pada beberapa daerah sentra penghasil beras di beberapa kabupaten, yaitu Kab Musi Rawas, Lahat, dan Telang.

Dia menuturkan, pembinaan telah dilakukan sejak 2003–2007. Sedangkan komoditas yang dihasilkan di Kab OKU, Mura, Lahat, OI masih didominasi padi,sementara Muba pengembangan komoditas jagung sudah mulai digencarkan. Dia menuturkan, total dana yang sudah disalurkan selama tiga tahun terakhir sebesar Rp7,4 miliar, dengan jumlah 5.111 orang dan luas lahan 5.016 hektare.

”Pada 2007 PKBL Pusri hanya Rp11,5 miliar. Dengan penambahan keuntungan perusahaan tahun 2008, maka dana kemitraan turut mengalami peningkatan menjadi Rp14 miliar.Adapun tiga kabupaten yang dibidik untuk melakukan penyerapan dana tersebut yakni Kab OKUT, Belitang, dan Banyuasin,” jelasnya.

Menurut Silaban, dana kemitraan tersebut lebih baik cepat bergulir supaya dapat dimanfaatkan mitra binaan yang lain. Dia menuturkan, sesuai Permen 05/MBU/2007 tanggal 22 April yang mengatur bunga per tahun program sebesar 6%, dia optimis tingkat kredit macet yang terjadi tidak akan terlalu besar.

”Syukurlah, sampai saat ini tingkat kredit macet yang terjadi belum ada karena kita terus lakukan pengawasan dan pembinaan usaha”ungkapnya. Bahkan, dia mengungkapkan, pada Senin (18/2), pihaknya menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp825 juta kepada kelompok tani di Kab Banyuasin dan Bantul sebesar Rp514 juta. ”Sesuai keputusannya, 80% dana tersebut harus diserap mitra binaan Pusri yang ada di Sumsel,” tandas Silaban.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pusri Dadang Heru Kodri mengatakan, pengembangan kemitraan tersebut intinya untuk meningkatkan gairah petani melakukan pengembangan pertanian, sekaligus mencapai sasaran pemerintah untuk melakukan peningkatan pangan.
”Sayangnya, pada kenyataan yang baru berhasil dilakukan baru pada komoditas padi. Karena itu, kita pilih daerahdaerah ini dengan perhitungan lahan yang cukup luas,” tuturnya. Dia menambahkan,pihaknya juga melakukan antisipasi seputar persoalan pascapanen yang kerap terhambat pada proses pengeringan gabah.

Dia menuturkan, untuk mempercepat pemrosesan penggilingan gabah, diperlukan mesin pengering yang banyak. ”Penambahan mesin sudah kita lakukan dengan memberikan bantuan ke petani membeli alat pengering senilai Rp240 juta. Dengan bantuan ini, mereka bisa kontinu meningkatkan pendapatan. Sasaran kita ke arah 10.000 hektare karena sekarang baru 5.000 hektare,” tandasnya.*** (komalasari)

***Harian SINDO


Responses

  1. Kalo mau jadi peserta binaan PT. Pusri gimana pak? Kita usaha pembibitan karet di Mainan. Udah berkelompok, lahan sendiri (SHM) dan butuh bantuan keuangan untuk perluasan areal pembibitan? Bisa di emai ke saya_neeh@yahoo.com. Makasih

  2. Saya sangat bangga bisa menjadi mitra binaan Pusri,alhamdulillah setelah di berikan bantuan usaha mengalami peningkatan,semoga saya bisa memberikan yang terbaik buat semuanya.

  3. Saya berkeinginan untuk menjadi penyalur resmi pupuk urea, tp saya tanya sana sini kok susah ya? sepertinya mereka tidak mau menerangkan tata caranya, saya jg bingung seharusnya saya mendaftar kemana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: