Oleh: blogs | 30 April 2010

Pusri Manfaatkan Kartu GaZCard

Pupuk Sriwidjaja (Pusri) menyiapkan dana minimal Rp 600 juta per bulan untuk pemanfaatan kartu GazCard yang dikeluarkan Bank Mandiri. Kartu berbentuk chip tersebut digunakan untuk mengisi bahan bakar 220 mobil kendaraan dinas PT Pusri se-Indonesia.

Direktur Utama PT Pusri Dadang Heru Kodri mengatakan, selama ini pengisian bahan bakar untuk kendaraan dinas PT Pusri menggunakan kupon. Kupon tersebut tinggal ditukar di beberapa SBPU saat melakukan pengisian. Namun mulai awal Mei 2010 mendatang diterapkan pola berbeda.

Melalui kerjasama dengan Bank Mandiri, pihaknya mengganti sistem kupon dengan kartu Gaz Card dengan saldo maksimal pengisian Rp 1 juta per bulan. Karyawan tinggal menggesek autodebet pada mesin EDC di tiap SPBU.

“Nanti kartu, tersebut tinggal diserahkan kepada karyawan saat akan mengisi BBM. Dengan cara ini, kita pikir penghematan kearah efisiensi lebih maksimal, cara menggunakannya juga praktis” kata Dadang usai penandatangan MOU dengan bank Mandiri Kanwil II di aula kantor PT Pusri, Kamis (29/4).

Penandatangan kesepakatan dilakukan Dirut PT Pusri bersama Vice Presiden Bank Mandiri, Sunarso. Berdasar laporan keuangan, untuk biaya operasional pengisian BBM mencapai Rp 500 hingga 600 juta per bulan. Artinya setiap hari harus mengeluarkan berpuluh-puluh kupon.

Dengan kartu mandiri Prabayar Gaz Card, tinggal diserahkan satu persatu dan diisi sesuai kebutuhan bulanan. Diharapkan pola ini mampu mengantisipasi kebocoran karena sistem penggunaan bisa terpantau dari segi keamanan. Juga efisien dari segi waktu lantaran aksesnya sangat cepat, transaksi biaya juga lebih akurat dan pasti.

Pola pengisian pun mudah, perusahaan tinggal mengisi ulang saldo setiap bulan melalui rekening tabungan. “Kartu ini serentak kita berlakukan awal Mei mendatang untuk operasional kendaraan PT Pusri se-Indonesia,” katanya.

Terkait dengan jumlah mobil operasional mencapai 220 unit, dengan rincian 80 diantaranya adalah mobil operasional dalam pabrik. Sisanya dipakai untuk operasional di luar pabrik, termasuk mobil dinas untuk jajaran manager dan direksi.

Sementara itu Sunarso mengatakan, untuk nasional, jumlah kartu GazCard mencapai 40 ribu kartu pada 350 SPBU di Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin dan Jakarta. Khusus di Sumsel mencapai 1500 pengguna untuk 15 SPBU.*(sta/sripo)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: