Oleh: infokito™ | 5 Juni 2010

Perusahaan yang Cemari Lingkungan akan Dipidana

Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) akan bertindak lebih tegas lagi terhadap perusahaan-perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan. Sanksi pidana pun siap dijatuhkan.

“Berkaitan dengan industri-industri yang melakukan pencemaran lingkungan, itu kita beri warna. Ada warna hitam, itu paling jelek. Saya mau buat aturan, kalau 2 kali hitam akan saya pidanakan,” Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta.

Hal itu dikatakan dia dalam konferensi pers usai pembukaan Pekan Lingkungan Indonesia 2010 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2010).

Menurut Hatta, perusahaan-perusahaan sudah diberi hak untuk menginvestasikan modalnya di Indonesia. Karena itu menjadi kewajiban mereka untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Dikatakan dia, saksi pidana telah diatur pula dalam Undang-undang No 32/2009, yang membuat takut kalangan industriawan. Semula mereka cukup berani melanggar aturan, karena hanya akan dikenai sanksi perdata.

“Pejabat saja bisa kena itu kalau dia salah memberikan kebijakan yang sifatnya merusak lingkungan,” cetus Hatta.

Lebih lanjut Hatta mengatakan, sanksi pidana itu dikecualikan bagi para peternak kelompok yang berada di pedesaan. Justru mereka akan dibimbing untuk mengolah kotoran-kotoran ternak menjadi energi yang bermanfaat.

“Kan biasanya kotorannya bau dan sebagainya. Kami bantu untuk mengolah menjadi biogas. Akhirnya udara tetap bersih dan mereka mendapatkan energi gratis,” katanya.(irw/nwk)


Responses

  1. maleng teriak maleng…………………………………….. hebat galo kmu yo…………………………………………cubo kmu tingl di 1ilir biar kmu tau mambu pusri to mcm mano rasonyo………………..

  2. nice info.. smoga bisa terealisasi..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: