Oleh: Palimbani | 22 September 2007

Mengenal Pupuk Urea

Pupuk Urea adalah pupuk kimia yang mengandung Nitrogen (N) berkadar tinggi. Unsur Nitrogen merupakan zat hara yang sangat diperlukan tanaman. Pupuk Urea berbentuk butir-butir kristal berwarna putih, dengan rumus kimia NH2 CONH2, merupakan pupuk yang mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air (higroskopis), karena itu sebaiknya disimpan di tempat kering dan tertutup rapat. Pupuk urea mengandung unsur hara N sebesar 46% dengan pengertian setiap 100 kg urea mengandung 46 kg Nitrogen.

Kegunaan pupuk Urea

Unsur hara Nitrogen yang dikandung dalam pupuk Urea sangat besar kegunaannya bagi tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan, antara lain:

  1. Membuat daun tanaman lebih hijau segar dan banyak mengandung butir hijau daun (chlorophyl) yang mempunyai peranan sangat panting dalam proses fotosintesa
  2. Mempercepat pertumbuhan tanaman (tinggi, jumlah anakan, cabang dan lain-lain)
  3. Menambah kandungan protein tanaman
  4. Dapat dipakai untuk semua jenis tanaman baik tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, usaha peternakan dan usaha perikanan

Gejala kekurangan unsur hara Nitrogen

  1. Daun tanaman berwarna pucat kekuning-kunigan
  2. Daun tua berwarna kekuning-kuningan dan pada tanaman padi warna ini dimulai dari ujung daun menjalar ke tulang daun
  3. Dalam keadaan kekurangan yang parah daun menjadi kering dimulai dari daun bagian bawah terus ke bagian atas
  4. Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil
  5. Perkembangan buah tidak sempurna atau tidak baik, sering kali masak sebelum waktunya


Tanggapan

  1. pak bisa ngak buan hanya pupu urea saja yang ditampilkan melainkan berbagai macam pupuk, agar kita bisa mengenal jenis – jenis pupuk yang ada serta kandungan yang ada pada tiap jenis pupuk tesebut.

    terima kasih ya

  2. pak saya suka bercocok tanam tapi tidak mengetahui fungsi dan kegunaan berbagai macam pupuk non organik saya mohon penjelasan mengenai nama2 pupuk dan kegunaannya
    kekurangan dan kelebihan apa yang ada dalam pupuk organik dan non organik
    jawaban mohon di kirim melalui email saya, terima kasih saya ucapkan.

  3. usahakan lebih banyak pupuk yang bisa ditampilkan..
    saya saat ini kuliah di jurusan Teknik Pertanian yang memelukan banyak referensi untuk bahan penelitian skripsi saya
    terima kasih

  4. apa kelebihan pupuk urea

  5. bagaimana perusahaan bapak dalam mengolah N bebas[N2] di udara menjadi pupuk kristal[urea].dan mana lebih bagus urea atau bintil akar kedelai

  6. pak apa unsur kimia yg terkandung pada pupuk ure hanya mengandung nitrogen saja??????????

  7. kekurangan dan kelebihan apa yang ada dalam pupuk organik dan non organik
    pak bisa ngak buan hanya pupu urea saja yang ditampilkan melainkan berbagai macam pupuk, agar kita bisa mengenal jenis – jenis pupuk yang ada serta kandungan yang ada
    jawaban mohon di kirim melalui email saya, terima kasih saya ucapkan.

  8. siapa aja nich… sekarang yang namanya pupuk urea itu kok sulit banget nich….
    tolong dong carikan solusi untuk kami petani kelas bawah….

    capek bgt rasanya harus memikirkan nasib tanaman kami,….

  9. pak,saya mau tanya apa manfaat penggunaan pupuk urea pada tanaman jagung?apa sebabnya dengan menggunakan pupuk urea sehingga dapat terjadi demikian?apa manfaat protein,nitrogen bagi tumbuhan?pada bibit jagung yang baru tumbuh sebaiknya memberikan seberapa banyak pupuk sehingga tanaman jagung menjadi bagus?terima kasih sebelumnya.

  10. apa saja nutrisi yang terkandung dalam pupuk urea???

  11. Bagaimana kalau memberikan pupuk urea lebih banyak pd tanaman? Apakah akan busuk,atau lebih bagus pertumbuhannya? Terima Kasih.jawaban tolong di kirim ke e mail saya.

  12. urea memang penting dan sangat dibutuhkan petani untuk tanaman mereka, sayangnya sering terjadi kelangkaan pupuk urea di pasaran. sehingga sering kali pemakaiannya tidak sesuai dengan waktu aplikasi yang di anjurkan. dalam hal ini distribusi pemasarannya masih perlu dibenahi

    selain dari pada itu, kecenderungan petani yang Urea Mainded dapat merusak ekologi tanah dalam penggunaan jangka panjangnya, belum lagi efek degenerasi pada manusia akibat akumulasi bahan kimia pada makanan, termasuk yang di serap tanaman melalui urea. kedepan perlu kiranya penggunaan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan serta bersahabat dengan tubuh manusia, tak terkecuali pupuk tanaman.

  13. salam kenal
    saya seorang pelajar, ingin mel;akukan percobaan menggunakanpupuk urea. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara penggunaan pupuk urea dan dosis yang tepat, mengingta saya menggunakanpolybag sebagai media tanam.
    mohon diberi tahu caranya dan dikirimkan ke emailku.
    terimakasih..

    • aku juga lagi melakukan penilitian pake pupyk urea. aku coba nanem kacang merah +bawang merah. ko semua yang saya beri pupuk urea busuk dan mati yah? apa ngga cocok ? atau , ada faktor lain?
      apa saya yang slah memberi dosis? bagaimana dosis yang baik?

  14. Ass.
    sy mw tanya, bagaimana penggunaan pupuk urea pd perkecambahan kacang merah?
    apakah bisa pd tanaman ini?
    bagaimana dosisnya?

  15. apa kandungan nutrisi pada pupukurea selain Nitrogen?

  16. bentuk pupuk urea

  17. oleh2222…

    boz

    kpn22 bwat yg lngkap artkelk e

    bwt sikripsi nie..

    tp ngk p2 lh..

    thanks b4

  18. aku jualan kok hub 081335741866
    / 0353892638

  19. HUB 081335741866 NI JUALAN PUPUK DAN OBAT SAWAH

  20. Pak Mohon informasi tentang perbaikan keefektifan pupuk urea. kalau bapak bisa membantu saya tolong kirimkan informasinya ke alamat Email adhe_atjeh@yahoo.com

  21. terima kasih atas info tentang pupk urea

  22. Thnx

  23. Saat ini saya telah membudidayakan buah naga super red dengan populasi sktr 3200 pohon..penggunaan bahan organik sangat saya utamakan dalam pertanian saya. penggunaan pupuk urea, npk an organik sangat sedikit saya gunakan. hal ini saya lakukan karena pertimbangan bahwa : 1. mahal dan langkanya pupuk an organik. 2. Berusaha untuk mengembalikan proses pertanian ke alam. 3. ngirit di ongkos..dengan pola tersebut akhirnya saya dapatkan hasil yang sangat bagus..lahan kebun saya makin lama makin gembur( tidak makin keras spt penggunaan full pupuk an organik), tanah menjadi hitam kecoklatan, banyak cacingnya dan yang pasti hasilnya memuaskan..Saat ini saya menggunakan pupuk organik NUTRILON GREEN dgn harga yg cukup murah 20rb/ltr. cukup murah. dan bisa digunakan sebagai pupuk perangsang bunga..

  24. Tolong dong beri info tentang kandungan beberapa pupuk penting seperti urea, TSP, KCl, ato NPK yang biasa dipake petani trus rumus kimianya juga. terimakasih….

  25. syuqran jazakallah khoir…
    hatur nuhun atas artikelnya tentang pupuk
    tapi kayaknya kurang deh pa
    bisa ditambahin ga?
    yang komplit ya….

  26. pak sya telah melakukan percobaan penanaman kcang hijau dgn 3 perlakuan. perlakuan yg pertama tidak di beri pupuk, prlakuan yg ke 2 di beri pupuk urea sedikit dan perlakuan yg ke 3 diberi pupuk urea berlebihan. kenapa kng hijau yg di perlakuan pertama lbh mudah tumbuh dr pd di perlakuan ke 2. dan kenapa sudah 4 hari batang nya yg paling tinggi hanya 2 cm. saya mohon penjelsan dr bapak secepat nya. saya seorang siswa sma.
    terimah kasih.

  27. bapak/ibu..atawa saha ue nu ngadamel ieu atikel..masiiiiiihh.. artikel tentang pupuk urea sangat membantu saya mengetahui tentang urea.. & akhirnya presentasi saya tentang pupuk urea berhasil.. tp sepertinya apa yg di sampaikan oleh sodara nylam bener.. kayanya kurang lengkap tuh.. sedikit banget penjelasan tentang pupuk urea nya..

  28. ehhh.. itu makasiih mksd saya..
    jhhaahha.. maaf maaf..

  29. Sy Petani segaligus Pengecer pak, Sy Sdh lama bergelut dipertanian Kebanyakan Masyrakat petani Bondowoso – Jawatimur Itu Panatik Urea, Kl Pakek Urea sj Tanpa Dicampuri Yang Lain Gmn, Mhn Infonya

  30. thaks very much,,
    dgn adny situs ini saya jdi sangat trbnt dlm mgrjakan tgas2 kulh saya,trutma yg brhbgan dgn pu2k.

    Kalau bisa tmplkan jga kndgan2 hara yg ad dalam pupuk organik.

  31. klw bisa menurut saya smua pupuk d masukkan
    dan di buat lngkap dgn bahan aktif yg terdapat dalam masing2 pupuk..
    cmana? cocok klen rasa???

  32. Apa pupuk urea bisa di gunakan untuk tanaman pisang?dan berapa jarak pupuk pada tanaman pisang waktu di beri pupuk?

  33. ibarat makanan, urea, tsp, npk seperti nasi…… dan pupuk alami yang terdapat dialam atau yang dibuat manusia misalnya pupuk organik cair, pupuk daun, dll sebagai vitamin, protein dll…

  34. bisa ga di pake dalam aquarium…..????
    ada ga efeknya terhadap ikan yang di akuarium…???/

    • bisa tapi dosisnya ga boleh berlebihan 1gram urea untuk 1 sapai 5lter air

  35. sekarang petani di daerah saya menjerit dgn timbulnya berbagai penyakit padi, apa karena pemupukan anorganik penyebabnya, dan terutama pupuk urea yg dihindari krn ada info klo pakai urea tanaman padi jd kuning…, banyak beralih ke pupuk lain spt pelangi , mutiara dll, apa kualitas urea sekarang smakin menurun…?

    • pupuk npk pelengi&mutiara prudak mna.kalau menurut pengalaman saya lahan pertanian yang ada di daerah bapak perlu istirahat atau pemupukan yang brimbang.agus23.elfath@gmail.com

  36. saya ada produk pupuk organik,
    kualitas terjaga bebas bakteri yang bersifat najis,
    meningkatkan produktivitas tanaman,
    cp : 08562257771
    insyaallah membantu para petani di Indonesia

  37. saya pengen tau juga gejala kelebihan pupuk urea pada tanaman padi, ditempat saya penambahan pupuk urea malah menghambat pertumbuhan padi Mohon pencerahan boet temen2 yang lebih tau, trims…

  38. coba pake kalium nitrat (KNO3) belinya ditoko kimia, ini menurut saya pupuk yg pling bgus diantara pupuk yg lainnya

  39. salam kenal,
    saya berkelut di bidang pupuk NPK..dan saya bagian penjualan dari CV KENTEN MAKMUR yang berdomisili di Tulungagung Jawa timur.saya ada konsumen yang membutuhkan urea dan poska dengan kebutuhan 100 ton urea dan 100 ton ponska continue….
    tolong kerjasamanya dan hub saya
    082131904141
    jonathanvalensyah@yahoo.com

  40. Dg penjelasan y sdh ada,sy jd tau fungsi n gunanya.Tp mo ty jg neh,gimana klo urea tertelan?Apa y dpt dilakukan sbg tindakan P3K?

  41. mau tanya….
    apa pupuk urea bisa di gunakan untuk membatik?

  42. pak, untuk tanaman sawit, berapa sebaiknya dosis yang baik di berikan agar pertumbuhan pohon dan buahnya baik, apakah bisa memberikan pupuk urea tapi piringannya tidak terlalu bersih????

    • kami menjualberaneka ragam pupuk pertanian dan perkebunan non subsidi

  43. I am from Vietnam. I would like to buy UREA from your company.
    I would like to buy 100 MTS for the first time. Then, I will buy 400 MTS for the next time
    And I can buy with a big quantity everymonth. If you can supply me.
    Please, contact me as soon as you can.

    Email: govi.stc@gmail.com
    Cellphone: +84 1222 782878
    Skype: giaihai0908
    Yahoo: giaihai1906

  44. Sebenarnya pupuk buatan TIDAK BAIK. Karna dampaknya lebih besar, yaitu dapat beresiko pada Tanah yang menjadikan tanah itu kehilangan Unsurnya dan tandus. Karena itu lebih baik pupuk alami yang di pakai dari jerami itu sendiri, berak, ayam, kai Regaji dll asal tau cara meng0lahnya. Itu sangat lebih baik! Tentunya tau donk kalo jurusan agri atau agro bisnis tentang baik dan buruknya tentang itu.

  45. pak aku mau nanya:kenapa urea bisa larut dalam air

  46. pak saya mau tanya batasan kandungan urea sesuai standar SNI tu berapa?

    misal nya yang saya ketahui batasan kandungan minimal nitrogen itu 46% kalo batsan maksimal nitrogen nya berapa?
    begitu juga batasan maks-min kandungan biuret,air,free amonia, dan iron..
    mohon bantuan nya untuk tugas akhir saya.. terimakasih sebelum nya..

  47. saya sedang penelitian dengan menggunakan pengaruh pupuk urea dan pupuk kandang sapi terhadap bibit pada pembibitan kelapa sawit
    bagaimana cara baik
    pengaplikasian pupuk urea nya??????

  48. […] https://pusri.wordpress.com/2007/09/22/mengenal-pupuk-urea/ […]

  49. Terima kasih infonya…. sangat bermanfaat

  50. thanks atas informasi nya pak,,,,,saya jadi + tau mengenai pupuk urea,dan gejala2 nya tanpa pupuk urea

  51. cabe dan tomat saya mati di hajar pupuk urea. kenapa bisa seperti ini apa yang menyebabkanya mati layu. saya hanya menggunakan 1 sendok teh per batang. tanaman saya hanya 20 batang dan semua mati total. bagi yang bisa jelaskan dan jelas kan lag agar teman-teman kita gak ada yang mengalaminya lagi di luar sana. saya yakin masih banyak di antara kita yang belajar ber cocok tanam.

  52. Kenapa ga’ ditampilkan secara detail untuk pupuk urea

  53. saya mau Tanya pak Kenapa Urea Bisa Larut Dalam air….????

  54. pak saya mau nxak apakah kalau kita makan satu butir pupuk urea bisa menyebabkan kematian? soalnya kata orang tua disini dulu dengan makan satu butir urea bisa merangsang pertumbuhan tubuh manusia.

  55. 3

  56. […] 2007. Mengenal Pupuk Urea. https://pusri.wordpress.com/2007/09/22/mengenal-pupuk-urea/. Diakses […]


Tinggalkan komentar

Kategori