Oleh: blogs | 28 September 2007

Pengenalan Pupuk

Pupuk merupakan salah satu faktor produksi utama selain lahan, tenaga kerja dan modal. Pemupukan memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan hasil pertanian. Anjuran pemupukan terus ditingkatkan melalui program pemupukan berimbang, namun sejak sekitar tahun 1986 terjadi gejala pelandaian produktivitas (levelling off), suatu petunjuk terjadi penurunan efisiensi pemupukan karena berbagai faktor tanah dan lingkungan yang harus dicermati.

Takaran pupuk yang digunakan unstuck memupuk satu jenis tanaman akan berbeda untuk masing-masing jenis tanah, hal ini dapat dipahami karena setiap jenis tanah memiliki karakteristik dan susunan kimia tanah yang berbeda.

Beberapa hal penting yang perlu dicermati untuk mendapatkan efisiensi dalam pemupukan antara lain : jenis pupuk yang digunakan, sifat dari pupuk tersebut, waktu pemupukan dan syarat pemberian pupuk serta cara atau metode pemupukan.

Dengan tingginya hasil tanaman yang dipanen, berarti jumlah unsur hara yang diambil oleh tanaman dari dalam tanah akan banyak pula karena pengambilan unsur hara dari dalam tanah berlangsung secara paralel terhadap pembentukan bahan kering atau produksi tanaman. Sehingga untuk tahun-tahun pertanaman berikutnya unsur hara yang berada didalam tanah lambat laun akan terus berkurang.

Salah satu cara untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah tersebut adalah dengan melaksanakan pemupukan.
Belum lama berselang, pupuk secara umum cuma dibagi dua kelompok berdasarkan asalnya, yaitu :

  1. Pupuk buatan (anorganik) seperti : Urea, ZA, TSP dan lain-lain
  2. Pupuk alam (organik) seperti : pupuk kandang, kompos, pupuk hijau dan lain-lain.

Berdasarkan cara pemberiannya, maka pupuk pun bisa dikelompokkan menjadi :

  1. Pupuk akar, yaitu segala jenis pupuk yang diberikan lewat akar atau yang diambil oleh akar tanaman dari dalam tanah, misalnya Urea, KCl dan lain-lain.
  2. Pupuk daun, yaitu segala macam pupuk yang diberikan lewat daun dengan jalan penyemprotan.

Kecuali pembagian tersebut masih ada cara lain mengelompokkan pupuk ini, yaitu dengan melihat unsur hara yang dikandungnya. Dengan cara pengelompokan ini maka dikenallah macam pupuk sebagai berikut :

  1. Pupuk tunggal, yakni pupuk yang hanya mengandung satu (tunggal) unsur hara makro saja, misalnya urea : mengandung unsur hara Nitrogen (N).
  2. Pupuk majemuk, yakni pupuk yang mengandung lebih dari satu unsur hara makra, misalnya DAP : mengandung unsur hara Nitrogen dan Fosfor.
  3. Pupuk lengkap, yaitu pupuk yang mengandung unsur hara lengkap secara keseluruhan (unsur makro dan unsur mikro).

Tanggapan

  1. Mohon bantuannya atas info dan keterangan pelbagai jenis pupuk

  2. kasih informasi dong tentang pembuatan pupuk organik saya pingin mencobanya sendiri baik yang cair maupun yang kompos. kalau ada lagi ma pestisida alami/organik.

  3. Mohon penceraha lebih lanjut, contoh-contoh pupuk lengkap itu apa ?
    maksudnya kalo saya mau beli di toko pupuk apakah cukup bicara “beli pupuk lengkap” ?

    atau ada saran lain, mungkin merk tertentu yang bagus ?

  4. Contoh-contoh pupuk lengkap dongz!!6 ya..
    Arti-arti juga yang jelas..
    Bubye
    See Ya Round!!

  5. Thanks for everything!
    Love,
    Gabriella Montez


Tinggalkan komentar

Kategori